Pangkalan TNI AL (Lanal) Tanjungbalai Karimun melakukan kegiatan bersih-bersih Pantai Pelawan, Desa Pangke, Kecamatan Meral, Senin (14/1/2019).
Pangkalan TNI AL (Lanal) Tanjungbalai Karimun melakukan kegiatan bersih-bersih Pantai Pelawan, Desa Pangke, Kecamatan Meral, Senin (14/1/2019).

Karimun, Lendoot.com – Pangkalan TNI AL (Lanal) Tanjungbalai Karimun melakukan kegiatan bersih-bersih Pantai Pelawan, Desa Pangke, Kecamatan Meral, Senin (14/1/2019).

Kegiatan tersebut dalam rangka memperingati Hari Dharma Samudera tahun 2019. Yang bertujuan menumbuhkan rasa kepedulian terhadap kebersihan dilingkungan sekitar demi mewujudkan serta mendukung program pemerintah.

“Ini bertujuan membangkitkan kepedulian masyarakat terkait kebersihan khususnya di kawasan wisata Pantai Pelawan. Kita harus dukung program yang telah dicanangkan oleh pemerintah,” kata Danlanal TBK, Letkol Laut (P) Catur Yogiantoro, Rabu (16/1/2019) siang.

Danlanal menjelaskan, kegiatan bersih-bersih pantai merupakan agenda rutin tahunan yang dilaksanakan TNI AL pada tanggal 15 Januari.

“Kegiatan ini juga bertujuan untuk mengenang arwah para Pahlawan yang gugur dalam pertempuran Laut di Laut Aru, Kapal Perang Republik Indonesia KRI Macam Tutul yang dipimpin oleh Komodor Yos Sudarso sebagai suatu peristiwa sejarah perjalanan perjuangan TNI Angkatan Laut,” jelasnya.

Orang nomor satu di Lanal TBK juga mengimbau kepada seluruh elemen masyarakat Desa Pangke dan para pengunjung Pantai Pelawan agar sama-sama untuk saling menjaga kebersihan di kawasan pantai dengan tidak membuang sampah di sembarang tempat.

“Kami bersyukur masyarakat Desa Pangke yang memang tinggalnya dekat dengan pantai Pelawan mau berpartisipasi dalam kegiatan bersih-bersih pantai ini. Kita juga menghimbau selain masyarakat setempat, pengunjung juga harus menjaga kebersihan, janganlah membuang sampah sembarangan,” imbaunya. (riandi)