Bupati Karimun, Aunur Rafiq memukul gong sebagai tanda dimulainya peringatan Bulan Kesehatan Gigi Nasional 2017 di halaman depan SDIT Cendikia, jalan Kampung Harapan, Kecamatan Tebing, Selasa (3/10/2017) pagi.
Bupati Karimun, Aunur Rafiq memukul gong sebagai tanda dimulainya peringatan Bulan Kesehatan Gigi Nasional 2017 di halaman depan SDIT Cendikia, jalan Kampung Harapan, Kecamatan Tebing, Selasa (3/10/2017) pagi. (Istimewa)

Karimun, Lendoot.com – Peringati bulan kesehatan gigi nasional tahun 2017, Bupati Karimun, Aunur Rafiq mengajak anak-anak untuk dapat terus menjaga kesehatan gigi mereka.

Ajakan tersebut Ia sampaikan saat membuka secara resmi bulan kesehatan gigi nasional tahun 2017 yang digelar di halaman depan SDIT Cendikia, jalan Kampung Harapan, Kecamatan Tebing, Selasa (3/10/2017) pagi.

“Mari kita jaga terus kesehatan termasuk kesehatan gigi,” ucap Bupati Karimun, Aunur Rafiq.

Selain mengajak untuk menjaga kesehatan gigi, Aunur Rafiq juga melakukan peninjauan langsung ke dalam kelas melihat guru dan petugas medis saat mengajarkan cara menyikat gigi yang benar kepada para siswa.

Sementara itu, Ketua PDGI Kabupaten Karimun, Soeryadi menjelaskan sekitar 98 persen masyarakat Indonesia memiliki karies atau gigi berlubang. Sementara masyarakat yang melakukan cara sikat gigi yang benar hanya sekitar tiga persen saja.

“Cara mncegah gigi berlubang itu sebenarnya gampang yaitu dengan sikat gigi yang benar. Minimal dalam sehari setelah sarapan pagi dan sebelum tidur,” jelasnya.

Dalam kegiatan bulan kesehatan gigi nasional ini, PGDI Karimun melakukan pengawasan terhadap 200 anak yang dipilih secara acak. Anak-anak tersebut diawasi dan dievaluasi selama tiga pekan.

Soeryadi menambahkan, dengan adanya kegiatan yang langsung melibatkan siswa maka diharapkan mereka dapat mengajak lingkungan masing-masing untuk menjaga kesehatan gigi.

“Anak-anak ini juga udah berikrar. Mudah-mudahan mereka ikut mengajak orangtuanya,” harapnya. (ian)