Karimun, Lendoot.com – Komandan Kodim 0317/TBK, Letkol Arm Rizal Analdie menjadi Inspektur Upacara (Irup) peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-90 tahun 2018 yang dilaksanakan di halaman Kantor Bupati Karimun Jl. Jend. Sudirman Poros Kelurahan Sungai Raya, Kecamatan Meral, Senin (29/10/2018).

Sambutan Mentri Pemuda dan Olahraga yang dibacakan oleh Dandim 0317/TBK Letkol Arm Rizal Analdie menyampaikan, hari sumpah pemuda ke-90 kali ini mengambil tema “Bangun Pemuda Satukan Indonesia”.

Tema ini diambil atas dasar pentingnya pembangunan kepemudaan untuk melahirkan generasi muda yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, cerdas, kreatif, inovatif, mandiri, demokratis, bertanggung jawab, berdaya saing, serta memiliki jiwa kepemimpinan, kewirausahaan, kepeloporan, dan kebangsaan berdasarkan Pancasila dan UUD tahun 1945 dalam NKRI.

Pesatnya perkembangan teknologi informasi ibarat dua mata pisau. Satu sisi ia memberikan jaminan kecepatan informasi sehingga memungkinkan para pemuda kita untuk meningkatkan kapasitas pengetahuan dalam pengembangan sumber daya serta daya saing.

Pada sisi lain, perkembangan ini mempunyai dampak negatif, informasi-informasi yang bersifat destruktif mulai dari hoax, hate speech, pornografi, narkoba, pergaulan bebas hingga radikalisme dan terorisme juga masuk dengan mudahnya apabil kaum muda tidak dapat membendung dengan filter ilmu pengetahuan serta kedewasaan dalam berbangsa dan bernegara.

Ciri pemuda yang maju adalah pemuda berkarakter, berkapasitas dan berdaya saing. Oleh karena itu Revolusi mental harus dapa kita jadikan sebagi pemicu untuk mempercepat terwujudnya pemuda yang maju. Dengan mewujudkan pemuda yang maju berarti kita dapat menghasilkan bangsa yang hebat.

Wahai pemuda Indonesia, dunia menunggumu, berjuanglah, lahirkanlah ide-ide, tekad, dan cita-cita, pengorbananmu tidak akan pernah sia-sia dalam mengubah dunia.

Usai melaksanakan upacara tersebut dilanjutkan dengan pembacaan Ikrar Pemilu Damai tahun 2019 dengan tema “Mari Bersama Kita Wujudkan Pemilu 2019 Yang Aman, Damai dan Sejuk” serta pembacaan ikrar Deklarasi Karimun Bebas Sampah dengan kata-kata Kami Masyarakat Karimun Bertekad Mewujudkan Karimun Bersih Bebas Sampah TNI, Polri, Rakyat Bersatu Tak Terkalahkan.

Dalam peringatan tersebut turut dihadiri Bupati Karimun Aunur Rafiq Danlanal TBK Letkol Laut (P) Catur Yogiantoro, Kepala Kajari Karimun Taufan, Kasdim 0317/TBK Mayor Inf Imam Subekti, Sekretaris Daerah Karimun M. Firmansyah, Kabagren Polres Karimun Kompol Abuzanar.

Dansubdenpom I/2 – 6 Lettu Cpm Fahmar Nasution, Danki B RK 136/TS Lettu Inf Hakim Alif F, Para Pasi jajaran Kodim 0317/Tbk, Para Kadis/Kabag Pemkab Karimun, Ormas Kabupaten Karimun beserta Pasukan upacara dengan jumlah sekitar 500 orang. (Riandi)