ilustrasi. (gogle)
ilustrasi. (gogle)

Karimun, Lendoot.com – Awal Januari hingga akhir bulan atau per Januari 2019 ini, Dinas Kesehatan Kabupaten Karimun telah mencatat ada 36 kasus Demam Berdarah Dengue (DBD). Ini tersebar di kecamatan-kecamatan di wilayah Kabupaten Karimun.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Karimun Rachmadi mengatakan, kenaikan angka kasus DBD terjadi secara nasional. Berdasarkan teori Epidemologi, ini merupakan siklus lima tahunan yang kerap terjadi pada penyakit menular DBD.

“Angka tersebut terus mengalami kenaikan dalam hitungan hari. Pada pertengahan bulan telah mencapai 20 dan terus meningkat hingga akhir bulan sampai 36 kasus. Angka DBD di Karimun sendiri sejak 2014 lalu menurun, dan kembali meningkat pada tahun 2019 ini. Dari pengamatan DBD ini memang setiap lima tahun sekali terjadi kenaikan dan ini nasional terjadi bukan hanya di Karimun,” kata Rachmadi, Rabu (30/1/2019).

Menurut Rachmadi, peningkatan kasus DBD pada Januari 2019 merupakan hal yang tidak terduga. Karena, selama ini peningkatan kasus kerap terjadi pada September hingga Desember atau ketika musim hujan tiba.

“Biasanya pada September ke atas itu kerap terjadi kenaikan. ini kok Januari, jadi tidak terduga. Selain Karimun, Kabupaten dan kota lain di Kepri juga terjadi kenaikan, seperti Batam dan Tanjungpinang,” jelasnya.

Rachmadi menambahkan, Tim dari Dinas Kesehatan Kabupaten Karimun telah disebar ke desa- desa untuk melakukan sosialisasi dan mengajak masyarakat mencegah penyebaran penyakit DBD.

“Udah turun ke desa- desa. Kita juga melakukan abatesasi dan fogging di tempat rawan penyebaran penyakit,” tambahnya. (riandi)