Rachmadi, Kadinkes Karimun. (istimewa)
Rachmadi, Kadinkes Karimun. (istimewa)

Karimun, Lendoot.com – Per 10 Februari 2017, kasus Kasus Demam Berdarah Dengue (DBD) di Karimun masih rendah. Ini jika dibandingkan dengan awal tahun 2016 lalu.

“Januari (2017) ini ada delapan kasus dan Februari ada dua kasus, jadi baru 10 kasus DBD. Ini jauh menurun,” kata Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Karimun, Rachmadi, Jumat (10/2/2017).

Berdasarkan data Dinas Kesehatan Kabupaten Karimun di bulan Januari dan Februai 2017 ini ditemukan sebanyak 10 kasus. Jumlah ini jauh berkurang dibandingkan Januari 2016.

Rahmadi mengklaim, penurunan tersebut tidak lepas dari upayanya yang sudah melakukan penekanan kasus yang disebabkan gigitan nyamuk Aedes Aegepty tersebut.

Terhitung per Oktober lalu pihaknya melalui Puskesmas mengajak aparat kelurahan, kantor Desa, Kecamatan dan masyarakat untuk menjaga kebersihan lingkungan serta menerapkan program 3M.

“Tahun kemarin Mei grafiknya sudah turun namun Agustus naik dan jadi puncaknya. Makanya kita buat gerakan. Jadi memang kita push dan ini yang membuat penurunan,” jelas Rahmadi. (ian)