Rokok FTZ yang ditegah DJBC Kepri. (ian)
Rokok FTZ yang ditegah DJBC Kepri. (ian)

Karimun, Lendoot.com – Ada drama menegangkan yang terjadi pada dua pelaku penyelundupan rokok FTZ di sekitar pulau Petong asal tujuan jembatan 1 Batam menuju Tembilahan, Sabtu, (21/1/2017) sekira pukul 00.30 WIB.

Saat upaya penegahan yang dilakukan petugas DJBC Kepri, penyelundup sempat berupaya melakukan perlawanan kepada petugas. Saat pengejaran kapal penyelundup tersebut sempat membuang beberapa muatan untuk menghambat laju speed boat petugas DJBC.

“Bahkan speedboat mereka sempat akan menabrak kapal petugas kita. Setelah perjuangan setengah jam akhirnya speed boat ini bisa dikuasai oleh petugas kita,” ujar Kepala Bidang Penindakan Sarana Operasi (PSO), R Evi Suhartantiyo, tadi pagi.

Selain membuang beberapa muatan Nahkoda dan ABK kapal juga sempat menceburkan diri ke laut untuk melarikan diri. Dengan menggunakan life jacket, dua penyelundup tersebut terjun ke laut sebagai upaya lepas dari jeratan hukum petugas.

“Dua orang juga sempat menceburkan diri ke laut dengan menggunakan lifejacket. Setelah dilakukan pencarian oleh petugas kita akhirnya berhasil ditemukan, kemudian dinaikkan ke kapal dan selanjutnya dibawa ke posko Ketapang,” ujar R Evi. (ian)