Karimun, Lendoot.com – Kuota Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun 2018 sebanyak 210 di SMP Negeri 1 Karimun melebihi target yang telah di tentukan oleh Dinas Pendidikan Kabupaten Karimun.

Hal tersebut terlihat sejak hari pertama dibukanya PPDB manual untuk tingkat SD dan SMP tahun 2018 pada, Senin (2/7/2018) pagi.

Kepala SMP Negeri 1 Karimyn, Juprizal mengatakan, dimulainya pendaftaran yang dilaksanakan sejak pukul 08.00 WIB hingga 12.00 WIB. SMP Negeri 1 Karimun telah menerima sebanyak 294 pendaftar telah mengambil formulir pendaftaran.

“Saat ini sudah ada sebanyak 294 pendaftar sudah mengambil formulir, sedangkan untuk kuota kita hanya 210,” ujarnya.

Dia mengatakan, walaupun demikian, sesuai perintah dari Dinas Pendidikan Kabupaten Karimun, pihaknya akan tetap membuka pendaftaran calon peserta didik baru hingga hari Rabu tanggal 04 Juni 2018 mendatang.

“Sesuai arah disdik, kita tidak boleh menutup pendaftaran, kita akan tetap membuka pendaftaran sampai tanggal 4 Juni 2018, walaupun sudah melebihi kuota yang sekarang,” katanya.

Sementara itu, Ketua PPDB SMP Negeri 1 Karimun, Sahmaiti Agus menjelaskan, penerimaan tersebut dilakukan menggunakan sistem zonasi yang telah ditentukan. Kemudian, kuota sebanyak 210 peserta didik yang termasuk 5 persen jalur prestasi dan pindahan.

“Penerimaannya dilakukan dengan zona yang telah ditetapkan dalam hasil rapat bersama dinas, MKKS, Kepala sekolah, serta panitia PPDB, karna kalau berdasarkan per Kecamatan ini tidak akan tertampung semuanya. Jadi kita mengutamakan anak yang berdomisili paling dekat dengan sekolah agar jangan sampai tidak tertampung,” jelasnya.

Sedangkan untuk pengumuman penerimaan akan dilakukan pada Kamis 05 Juni 2018 mendatang sesuai sistem proses penjaringan yang dilakukan sebelumnya. (Riandi)