Tebing yang longsong di Kawasan Bukit Senang ditutup menggunakan terpal
Tebing yang longsong di Kawasan Bukit Senang ditutup menggunakan terpal (ian)

Karimun, Lendoot.com – Camat Karimun Arpan mengatakan, dari hasil mediasi dengan pemilik lahan tanah atas nama Aheng yang dipertemukan tersebut bersedia untuk menghibahkan lahan miliknya secara murni ke Pemkab Karimun.

“Alhamdulillah dari pak Aheng ini, dia menghibahkan tanahnya secara murni. Saat ini kita masih tahap pengurusan surat hibahnya,”kata Arpan, Rabu (5/7/2017).

Arpan menyebut, setelah menerima hibah itu, pemerintah daerah akan merencanakan perbaikan dan pembangunan tebing di kawasan longsor tersebut. Selain itu pohon-pohon diatas tebing juga akan dipangkas dan dibangun batu miring untuk mengantisipasi terjadinya longsor susulan.

“Antisipasi selanjutnya, dari Dinas PU akan bangun batu miring,” katanya.

Sementara Bupati Karimun Aunur Rafiq mengatakan, untuk melakukan pembangunan pihaknya harus terlebih dahulu melihat status kepemilikannya lahan tersebut. Sementara terkait anggaran untuk pembangunan batu miring tersebut, diperkirakan akan menggunakan dana bencana atau dengan sistim kegiatan.

“Kemungkinan kita akan bangun dengan anggaran dana bencana atau sistem kegiatan. Agar tidak menjadi masalah dalam penggunaan anggaran, kita akan mengandeng Tim Pengawal dan Pengaman Pemerintah dan Pembangunan Daerah (TP4D),” katanya.

Namun agar tidak menjadi masalah penggunaan anggaran, maka Pemerintah Daerah Karimun akan terlebih dahulu berkonsultasi dengan Tim Pengawal dan Pengaman Pemerintah dan Pembangunan Daerah (TP4D).

“Kita juga harus hati-hati karena berkaitan dengan pengelolaan keuangan daerah. Apakah nanti dengan sistim dana bencana atau dengan sistim kegiatan. Makanya nanti kita akan melalui pendampingan TP4D,” ucap Rafiq. (ian)