Karimun, Lendoot.com – Pemerintah Kabupaten Tabalong, Provinsi Kalimantan Selatan mengunjungi Pemkab Karimun untuk melihat sistem kerja berbasis Aplikasi di Dinas Pendapatan Daerah (Dispenda) Kabupaten Karimun, Kamis (24/5/2018) kemarin.

“Kunjungan ini adalah dalam rangka pengembangan Simda Pendapatan Daerah, kita fokus itu. Namun juga terintegrasi dengan Simda-Simda lainnya yang dikembangkan dengan E-goverment,” kata Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (KBPKAD) Kab Tabalong, Yuzan Noor, di Ruang Cempaka Putih Pemkab Karimun.

Dalam sosialisasi dan pemaparan tersebut, Yuzan menjelaskan, Pemkab Tabalong memang memfokuskan kunjungannya ke Kabupaten Karimun untuk dijadikan referensi, karena menurutnya Pemkab Karimun memiliki potensi dan sumber daya alam yang berbeda.

“Kita hanya fokus kepada Pemkab Karimun, tidak ada yang lain kita fokus ke sini sebagai referensi. Potensi sumber daya alam yang berbeda karena wilayah teritorial yang membuat perbedaan. Di mana Karimun dikelilingi oleh laut, sementara wilayah Tabalong Daerah daratan dan penggunungan,” ujar Yuzan.

Sementara itu, Asisten II Bidang Pembangunan dan Kesejahteraan Pemkab Karimun, Muhammad Tang mengatakan, saat ini Pemkab Karimun sedang mengebut pembangunan di bidang SDM dan mempergunakan infrastruktur yang ada.

“Bapak Bupati ingin memajukan SDM yang Cerdas, Sehat, Kompetitif dan kesetaraan jender. Karena wilayah laut, maka infrastruktur tersebut kita manfaatkan,” katanya.

Dia menjelaskan, dalam pengelolaan pendapatan daerah di Naungi oleh Badan Pendaparan Daerah (Bapenda) Kab Karimun yang telah mulai menggunakan aplikasi dalam setiap pengurusan baik pajak dan pengurusan lainnya.

“Bapenda sebagai pemantau, sementara aplikasi telah berjalan dan bekerjasama dengan bank, pamasukan menjadi transparan dan terkontrol,” ucapnya. (Riandi)