Bupati Karimun, Aunur Rafiq
Bupati Karimun, Aunur Rafiq (ian)

Karimun, Lendoot.com – Pemerintah Kabupaten Karimun akan melakukan evaluasi terhadap anak tempatan yang mengikuti pendidikan di Sekolah Polisi Negara (SPN) Kundur.

Bupati Karimun, Aunur Rafiq mengatakan, hal tersebut dilakukan karena banyaknya anak tempatan asal Karimun yang lulus tes masuk SPN, namun pada saat mengikuti tes kesehatan dan pisikolog nilainya berada dibawah standar.

“Memang kita mengharapkan anak-anak kita itu banyak yang lulus, karena SPN itu berada di Kundur, tapi memang ada kelemahan kita pada saat tes kesehatan, tes kemampuan dasarnya dan tes pisikolog, kita berada dibawah, oleh karena itu kita harus melakukan evaluasi dan mencari apa yang membuat anak-anak ini greatnya (nilainya) berada dibawah,” kata Rafiq, Selasa (8/8/2017).

Rafiq menyebut, evaluasi ini nantinya akan melibatkan Dinas Pendidikan Kabupaten Karimun dengan SPN di Kundur dan Polda Kepri. Dengan begitu anak-anak asal Karimun yang memiliki keinginan masuk SPN di tahun 2018 memiliki nilai tes kesehatan, tes kemampuan dasar dan tes pisikotesnya semakin baik.

“Saya sudah minta Dinas Pendidikan Kabupaten Karimun bekerja sama dengan SPN dan Polda Kepri agar anak-anak kita ini di 2018 yang memiliki keinginan masuk SPN dilakukan bimbingan, sehingga nilai mereka semakin baik pada saat tes nanti,” ucap Rafiq.

Untuk itu, pemerintah daerah akan menganggarkan dana untuk pendampingan bagi anak-anak Karimun yang nantinya akan mengikuti bimbingan sebelum masuk SPN. Hanya saja hal ini menurut Rafiq program tersebut masih harus dipelajari.

“Tapi apakah boleh atau tidak pemerintah daerah menganggarkan untuk pendampingan latihan ini sedang kami pelajari,” ujar Rafiq. (ian)