Karimun, Lendoot.com – Bupati Karimun Aunur Rafiq membuka secara resmi Rapat Kerja Daerah (Rakerda) V Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Karimun 2018 di Balai Sri Gading Kecamatan Kundur, Kamis (02/08/2018).

Bupati Karimun, Aunur Rafiq mengatakan, berdasarkan kerjasama Pemerintah Daerah kepada MUI. Maka rapat tersebut harus dilaksanakan yang dinilai tupoksi MUI merupakan mengantisipasi pergerakan islam yang tidak sesuai menurut ajaran agama islam sperti ajaran si’ah dan lain sebagainya.

“Dengan dilaksanakan Rakerda ini, mari kita tingkatkan peran MUI sebagai pelayanan umat dan mitra pemerintah dalam menjaga akhlak di Bumi Berazam ini,” kata Rafiq.

Rafiq menjelaskan, dikesempatan itu MUI meminta Pemerintah Daerah melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan dapat berpartisipasi untuk mewujudkan pengusaha kecil sampai menengah dalam mengeluarkan sertifikasi Produk Halal.

“Untuk masalah izin atau sertifikasi masalah Produk HALAL, masalahnya cuma satu yaitu untuk kepengurusanya kita harus ke Provinsi. Kita Pemerintah Daerah lagi mengajukan ke Provinsi agar semua pengurusan bisa di lakukan oleh Kementrian Agama di Kabupaten,” jelasnya.

Rafiq menambahkan, atas nama Pemerintah Daerah, ia meminta maaf atas keterlambatan pencairan dana hibah organisasi MUI dikarenakan proses yang harus dilalui sehingga baru bisa dilaksanakan hari ini.

“Semoga dengan di laksanakan RKERDA ini dapat mewujudkan Program kerja yang natinya akan menjadi manfaat bagi seluruh masyarakat Kabupaten Karimun,” tambahnya. (Riandi)