Karimun, Lendoot.com – Pemkab Karimun meninjau serta menyerahkan bantuan kepada korban bencana angin puting beliung, di Desa Jang, Kecamatan Moro, Kabupaten karimun, Selasa (22/5/2018).

Penyerahan diserahkan secara langsung oleh Bupati Karimun, Aunur Rafiq, turut mendampingi kepala Dinas Kesehatan dan OPD terkait.

“Kita hari ini datang bersama rombongan pemerintahan daerah Kabupaten Karimun menyerahkan bantuan kepada korban yang terkena bencana angin puting beliung bagi masyarakat desa Jang sebanyak 17 kepala keluarga,” kata Bupati Karimun, Aunur Rafiq.

Rafiq menjelaskan, untuk bantuan yang telah diberikan tersebut merupakan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten karimun tahun 2018 yang mana telah teralokasi dan akan diperuntukkan kepada masyarakat tertimpa musibah.

“Bantuan ini bersumber dari pos bantuan bencana APBD Kabupaten Karimun tahun 2018 yang memang sudah teralokasi yang diperuntukkan kepada masyarakat tertimpa bencana alam seperti banjir, tanah longsor, dan lain sebagainya,” ujar Rafiq.

Jumlah bantuan yang diberikan adalah sebesar Rp 100.000.000 untuk 17 kepala keluarga yang terkena bencana tersebut. Dalam pembagian ini tidak merata, melainkan berdasarkan tingkat kerusakan masing-masing rumah.

“Dana tersebut dialokasikan selama setahun, bisa diberikan berdasarkan usulan dari desa, kemudian diketahui oleh camat lalu disampaikan ke dinas sosial dan kemudian diajukan ke Bupati. Total 100 juta untuk 17 KK dengan berbagai variasi berdasarkan laporan tingkat kerusakan rumah tersebut,” tutupnya. (Riandi)