Suasana jual beli sembako dan sayuran di Pasar Puan Maimun, beberapa waktu lalu.
Suasana jual beli sembako dan sayuran di Pasar Puan Maimun, beberapa waktu lalu. (dok lendoot)

Karimun, Lendoot.com – Masyarakat diimbau untuk tidak panik atau khawatir terhadap pemenuhan kebutuhan pangan saat ini, terutama beras. Untuk sebulan ke depan, Pemkab Karimun memastikan ketersedian beras untuk masyarakat tercukupi.

Ini Kepala Dinas Perdagangan, Koperasi, UKM dan ESDM Pemkab Karimun Muhammad Yosli, setelah pihaknya turun meninjau langsung stok beras ke distributor-distributor maupun Bulog (badan usaha logistik) Karimun.

“Untuk sebulan Karimun membutuhkan sekitar 180 ton beras dari berbagai merek. Dan saat ini ketersedia beras di bulog saja ada 170 ton, artinya ketersediaan beras masih tercukupi, ditambah yang ada di distributor-distributor,” jelas Yosli, Jumat (27/1/2017) siang tadi.

Sementara itu, meskipun sehari lagi, perayaan Imlek namun harga sembako hingga saat ini rata-rata masih normal seperti pekan sebelumnya.

Seperti cabe merah kriting kering Rp 48 ribu per kilogram, cabe hijau Rp 60 ribu per kilogram, cabe rawit Rp 60 ribu per kilogram, cabe merah Rp 55 ribu per kilogram. Selanjutnya, bawang merah luar Rp 12 ribu per kilogram, bawang merah Jawa Rp 32 ribu per kilogram.

Demikian juga dengan harga daging sapi masih Rp 140 ribu per kilogram, ayam potong juga masih dalam kisaran harga Rp 70 ribu kilogram.

“Kita tetap memantau harga sembako setiap seminggu sekali. Termasuk pasokan yang ada di distributor, sehingga apabila ada kendala cepat dapat diatasi supaya tidak terjadi kenaikan yang signifikan,” ucap Yosli. (ian)