Karimun, Lendoot.com – Menghindari penyalahgunaan narkoba di kalangan pelajar, SMAN 1 dan SMPN 1 Buru bekerja sama dengan Kepolisian dan BNNK sosialisasikan bahaya narkoba, Senin (6/8/2018).

“Kami bekerja sama dengan kepolisian mensosialisasikan dan menyampaikan pesan tentang bahaya penyalahgunaan barang narkoba dan minuman keras bagi kesehatan di kalangan pelajar,” kata Kepala SMA N 1 Buru, Mulyadarmawan.

Dia menjelaskan, masuknya narkoba di kalangan pelajar berawal dari pergaulan dan perkenalan dengan rokok. Kemudian dari kebiasaan inilah pergaulan makin meningkat.

Sehingga, ketika pelajar masuk ke dalam lingkungan pecandu narkoba, dengan begitu mereka jadi ketergantungan terhadap barang terlarang tersebut.

“Awalnya mencoba, kemudian mengalami ketergantungan. Karena kebiasaan merokok ini sepertinya sudah jadi hal wajar di kalangan pelajar saat ini. Maka dari itu banyak pelajar yang ingin coba-coba,” jelasnya.

Sementara itu, dalam sosialisasi tersebut, Kapolsek Buru IPTU Bakri mendukung kegiatan yang dilakukan pihak sekolah untuk mensosialisasikan tentang bahaya narkoba itu.

“Kita dari kepolisian sangat mendukung, karena narkoba ini merupakan penghancur generasi bangsa,” kata Bakri.

Acara tersebut turut dihadiri Camat Buru Helmi, Kapolsek Buru IPTU Bakri, Staf BNK Kabupaten Karimun Soeradi Latif, Kepsek SMA N 1 Buru Mulyadarmawan, Lurah Lubuk Puding Dialamsyah dan sebanyak 120 pelajar dari SMA N 1 dan SMP N 1 Buru. (Riandi)