Pelabuhan internasional tampak dari laut.
Pelabuhan internasional tampak dari laut. (dok lendoot)

Karimun, Lendoot.com – Setelah melakukan rapat kordinasi dengan pemerintah pusat, terkait rencana pemindahan Pelabuhan Internasional, akhirnya Pemkab Karimun mulai menentukan titik lokasinya terbarunya.

Kepada Lendoot. com, Bupati Karimun Aunur Rafiq mewacanakan pemindahan pelabuhan domestik dan internasional Karimun tersebut ke kawasan baru di Tanjung Penaga, Kecamatan Tebing, Kabupaten Karimun.

Ini disampaikan Rafiq usai melantik pajabat Eselon II, III dan IV di Gedung Nasional, kemarin.

“Wacana kita bersama dengan pak gubernur (Kepri) tentang pemindahan pelabuhan domestik dan internasional ini akan dipindahkan ke kawasan baru. Rencananya di Tanjung Penaga,” kata Rafiq.

Agar dapat terwujud, Rafiq menyebut, beberapa pihak harus mendudukkan bersama lagi. Selain itu perlu dilakukan pembicaraan antara pihak swasta dan pemerintah sebagai mediatornya terkait wacana tersebut.

“Tentunya untuk mewujudkan ini harus didudukkan bersama-sama dengan seluruh pihak yang bersangkutan sehingga nantinya ini bisa dipindahkan,” ujar Rafiq.

Terkait sapa nanti yang akan mengelola, Rafiq menjelaskan nantinya ada dari pihak swasta, pemerintah dan juga ada BUMN. Sedangkan lahan yang telah disiapkan oleh pemda di lokasi baru tersebut sudah ada seluas 11 hektare.

“Di Tangjung Penega ada 11 Hektare, sedang dilakukan tata ruanganya bisa dikembangkan lagi dan sedang diproses perizinannya. Untuk kawasan itu bisa dikelola lagi. Nanti di situ juga ada swasta, pemerintah dan juga BUMN,” jelas Rafiq. (ian)