Karimun, Lendoot.com – General Manager PT Pelindo I Tanjungbalai Karimun, Syahri Ramadana menyampaikan bahwa pengelolaan pelabuhan baru yang akan dibangun di Tanjung Penagak, Kecamatan Tebing, Kabupaten Karimun melibatkan tiga instansi.

Ketiga instansi tersebut diantaranya, Pemerintah Daerah Karimun, Panbil Grup dan PT Pelindo I Cabang Tanjungbalai Karimun. Saat ini pembangunannya masih terus berlangsung.

Syahri menjelaskan, untuk pengelolaan terminal menjadi bagian dari pihak Pelindo seperti pada Pelabuhan Domestik dan Internasional saat ini.

“Kita yang kelola seperti di pelabuhan lama. Nanti tiga instansi ada di sana. Pelindo, Panbil dan Pemda. Tentunya nanti juga akan ada rapat final,” jelas Syahri.

Dirinya menyebut, pelabuhan baru tersebut diharapkan dapat beroperasi di tahun 2020, sepanjang legalitas dalam on progres selesai.

“Untuk saat ini Pelindo dalam porses mengurus izin-izin rencana induk pelabuhan. Sementara pihak Panbil menyelesaikan pembangunannya. Mudah-mudahan terealisasi di tahun 2020 sudah bisa beroperasi,” ucapnya.

Meskipun pelabuhan baru akan terwujud namun, disampaikan Syahri, PT Pelindo tetap akan membenahi pelabuhan yang saat ini beroperasi.

“Kita tetap meberikan pelayanan yang prima sambil kita menunggu perkembangan terminal penumpang yang baru,” ujarnya.

Sedangkan untuk pelayanan yang baru, Syahri menuturkan saat ini pihaknya masih menunggu realisasi dari PT Pelindo Pusat mengenai penggunakan pas, tiket dan berting atau sandar kapal dengan sistem elektronik. (Parulian Turnip)