Waduk Sei Bati yang sudah dinormalisasi PDAM Tirta Karimun, foto diambil siang tadi.
Waduk Sei Bati yang sudah dinormalisasi PDAM Tirta Karimun. (sjs)

Karimun, Lendoot.com – Bupati Karimun, Aunur Rafiq mengatakan PDAM Tirta Karimun akan segera mewacanakan kenaikan tarif air bersih bagi para pelanggannya. Hal tersebut disampaikannya saat diwawancarai di rumah dinasnya mengenai permasalahan kebutuhan air bersih beberapa waktu lalu.

“Telah melakukan RUPS. Mereka sudah menyampaikan tentang rencana kenaikan. Dan saya minta mereka sosialisasikan. Kita juga akan menyurati DPRD,” kata Rafiq beberapa waktu lalu.

Rafiq menyebut, alasan kenaikan tarif tersebut, dikarenakan kualitas air bersih yang didistribusikan oleh PDAM Tirta Karimun sudah baik. Selain itu juga untuk pengembangan investasi di bidang air bersih.

“Tapi bisa saya katakan, alhamdulillah air sudah bisa mengatasi pelanggan yang lama,” ucap Rafiq.

Sementara itu, untuk tahun 2018 ini kapasitas air minum yang dikelola oleh PDAM Tirta Karimun dari beberapa sumber sudah mencapi 140 liter perdetik. Dalam pengembangannya, akan kembali dibangun bak penampungan di Bukit Tembak, Kecamatan Meral yang akan menampung air dari Waduk Sentani.

Rafiq yakin dengan program-program yang telah ada dan yang akan dilaksanakan, seluruh permasalahan air bersih di Karimun dapat teratasi di tahun 2019 nanti. “Untuk air saya jamin 2019 akan terpasang dengan baik. Dan dapat menambah 3.000 sampai 5.000 pelanggan,” ujarnya. (ian)