Batam, Lendoot.com – Pembina PAUD Kepri Hj. Noor Lizah Nurdin Basirun mengatakan pendidikan anak usia dini merupakan fondasi bagi dasar perkembangan anak. Anak-anak yang mendapat bimbingan, pembinaan dan rangsangan sejak dini akan meningkatkan kesehatan, perkembangan fisik dan mental yang akan berdampak pada kesiapan belajar.

“Nanti mereka akan lebih mampu untuk mandiri dan mengoptimalkan potensi yang sudah dimilikinya,” kata Noor Lizah saat pembukaan Porseni IGTKI-PGRI 9 se-Provinsi Kepri, di Sahid Hotel, Batam, Kamis (26/4/2018) kemarin.

Oleh Karena itu, kata Noor Lizah, strategi dan metode pengajaran yang diterapkan harus sesuai dengan kekhasan anak. Kekhasan itu dengan strategi bermain sambil belajar atau belajar seraya bermain. Mereka mengikuti proses kegiatan belajar melalui pengalamannya yaitu dari segala yang dilihat, dirasakan dan didengar.

Pada kesempatan itu, Noor Lizah mengharapakan dalam kegiatan ini guru-guru TK se-Kepri agar dapat mempererat tali silahturahmi. Mereka juga harus mengedepankan sportifitas, kreativitas dan inovasi dalam mengekspresikan pelaksanaan pembelajaran pada lembaga masing-masing.

“Semoga terus terwujud kebersamaan dan kekeluargaan yang harmonis bagi seluruh guru Taman Kanak-kanak. Juga selalu muncul kreatifitas dan inovasi bagi guru dalam pelaksanaan pembelajaran pada lembaga melalui berbagai macam lomba,” kata Noor Lizah sambil berharap para guru mampu menggambarkan guru yang kompeten profesional dan memiliki daya saing yang handal.

Sementara, Ketua IGTKI-PGRI Kepri, Faryanti mengatakan, sesuai perundangan pendidikan dan tenaga pendidikan berkewajiban memberi teladan dan menjaga nama baik lembaga, organisasi profesi dan kedudukan dengan kepercayaan yang diberikan.
Guru TK sebagai tenaga kependidikan mempunyai peran yang sangat besar dalam mendukung peningkatan kualitas TK.

“Agar mereka dapat mengembangkan suasana pembelajaran yang nyaman dan kondusif bagi proses belajar mengajar untuk mendukung tumbuh kembang anak usia dini,” kata Faryanti. (KMG)

Sumber: Batamclick.com