Sejumlah pasien sedang menunggu petugas Puskesmas Tebing yang belum juga datang, padahal waktu sudah menunjukkan pukul 08.45 WIB (saat foto ini diambil). (istimewa)
Sejumlah pasien sedang menunggu petugas Puskesmas Tebing yang belum juga datang, padahal waktu sudah menunjukkan pukul 08.45 WIB (saat foto ini diambil). (istimewa)

Karimun, Lendoot.com  –  Masyarakat Karimun semakin kritis dalam menyuarakan aspirasinya melalui media massa. Kali ini pelayanan dasar dari pemerintah daerah yang dianggap mengecewakan menjadi sorotan.

Khususnya pelayanan dasar kesehatan yang menjadi hak masyarakat namun dianggap tidak sesuai harapan, menjadi sorotan. Bentuk kekecewaan yang disuarakan tersebut disampaikan masyarakat kepada Lendoot.com.

Salah satunya, seorang pasien mengungkapkan kekecewaan atas pelayanan pihak Puskesmas Tebing, Sabtu (16/9/2017). Kekecewaannya tersebut berupa tidak sesuainya jadwal pelayanan yang tertera di papan pengumuman di Puskesmas tersebut dengan kenyataan yang sebenarnya.

“Di papan pengumuman ditulis layanan buka pukul 08.00 WIB, tapi kenyataannya sampai pukul 09.00 WIB belum juga ada seorang pun di Puskesmas Tebing ini. Padahal kami sebelum pukul 08.00 WIB sudah di sini mengantre. Pelayanan seperti ini sangat mengecewakan,” kata seorang pasien yang enggan disebut namanya, pagi tadi.

Terdapat beberapa pasien terlihat duduk termenung di ruang tunggu di tengah guyuran hujan di luar ruangan layanan terbuka tersebut. Ada yang datang karena ingin berobat karena sakit dan ada juga hanya meminta rujukan untuk ke RSUD Muhammad Sani untuk rujukan lebih lanjut.

Kepala Dinas Kesehatan Karimun, Rahmadi ketika dikonfirmasi Lendoot.com terkait hal ini, tidak banyak memberi tanggapan atas keluhan masyarakat terkait pelayanan dasar masyarakat tersebut. Jaringan telepon yang tidak bagus ketika dihubungi via ponselnya, kemungkinan menjadi penyebabnya.

Sayangnya, ketika dikonfirmasi kembali, yang bersangkutan tidak mengangkat ponselnya. Dikirimi pesan singkat juga tidak memberikan balasannya.

Sementara itu, Kepala Puskesmas Tebing Muhd Aristowibowo SKM yang dikonfirmasi Lendoot.com mengaku sedang mengikuti pelatihan di Batam. “Terimakasih informasinya, pak. Saya sedang di Batam sekarang, jadi saya tidak tahu. Nanti saya coba konfirmasi  dulu dengan teman-teman di Puskesmas ya?” jawabnya.

Tak lama berselang, pria yang kerap disapa Bowo itu kembali menghubungi Lendoot.com. Dia mengatakan kondisi cuaca yang ekstrem atau hujan menyebabkan pegawai terkendala berangkat ke Puskesmas tersebut.

“Saya sudah tanyakan ke teman-teman di Puskesmas. Memang pelayanan terlambat karena cuaca hujan deras, pak. Jadi pegawai kita terlambat datang. Kami mohon maaf atas ketidaknyamanan ini dan mohon pengertian masyarakat,” pungkas Bowo. (sjs)