Tumpukan sampah di Pantai Pelawan
Tumpukan sampah di Pantai Pelawan (ian)

Karimun, Lendoot.com – Setelah Tim Saber Pungli melakukan OTT terhadap karcis masuk di Pantai Pelawan dan Pongkar. Kedua pantai yang merupakan andalan di Pulau Karimun tersebut menjadi kotor dan seakan tidak terurus.

Hal tersebut terlihat dari banyaknya sampah yang berserakan di Pantai Pelawan. Seperti Pantauan Lendoot.com beberapa hari lalu di pantai tersebut banyak dipenuhi dengan sampah.

Menanggapi hal tersebut, Bupati Karimun, Aunur Rafiq mengimbau supaya perangkat desa setempat segera mengambil alih pengelolaan lokasi wisata yang ada di daerah tugas mereka itu. Karena lokasi wisata tersebut merupakan aset yang semestinya dikelola oleh desa itu sendiri.

“Semestinya pemerintah desa langsung mengambil alih sebagai pengelola. Karena terbengkalai lokasi wisata itu karena tidak ada pengelolanya,” kata Rafiq belum lama ini.

Rafiq menyarankan agar perangkat desa segera melakukan pembahasan terkait pengelolaan lokasi wisata. Sesuai dengan otonomi desa, pemerintah desa dapat membuatkan Kepdesnya sebagai acuan pengelolaan.

“Jadinya objek wisata menjadi aset desa. Tapi berdasarkan Kepdes,” ucap Rafiq.

Ia menyebut, dengan adanya Kepdes yang mengatur pengelolaan, nantinya hasil dari lokasi wisata akan masuk ke dalam APBD desa yang bisa digunakan untuk pembangunan atau kemajuan desa itu sendiri. Jadinya, pengelolaan yang sebelumnya tanpa ada dasar dapat memiliki kekuatan hukum dengan adanya Kepdes.

“Dapat dikelola dan menjadi pemasukan untuk desa. Pemerintah daerah akan membantu mendorong agar permasalahan ini segera selesai,” ujarnya. (ian)