Kendaraan yang terparkir sembarangan di badan jalan yang ada di Jalan Nusantara
Kendaraan yang terparkir sembarangan di badan jalan yang ada di Jalan Nusantara (ian)

Karimun, Lendoot.com – Penertiban lapak pedagang kaki lima (PK5) di Jalan Haji Arab Kelurahan Sei Lakam Timur, Kecamatan Karimun, Kabupaten Karimun, beberapa waktu lalu, menjadi perhatian masyarakat.

Sebagian masyarakat yang mendukung dibongkarnya lapak tersebut. Mereka mengatakan, langkah tersebut sudah tepat, karena dengan dibongkarnya lapak-lapak pedagang itu ruas jalan di kawasan tersebut tidak macet lagi. Namun langkah Pemkab Karimun dalam menertibkan lapak para pedagang itu banyak juga dinilai tidak adil.

Pasalnya Pemkab Karimun tidak melakukan hal yang sama terhadap mobil-mobil pribadi ataupun kendaraan lainnya yang sering parkir di bahu jalan, seperti di Jalan Nusantara, Jalan Pramuka, dan jalan utama di Meral Kota.

“Beresin juga parkir di Meral dan Jalan Nusantara itu pak. Kami jadi terganggu saat melintas di kawasan itu. Tolong ini juga diperhatikan dan ditertibkan, jangan PK5 saja,” tulis warga dalam laporannya ke redaksi Lendoot.com beberapa waktu lalu.

Pantauan Lendoot.com pada, Jumat (31/3/2017), yang berkeliling melintasi jalan disepanjang Jalan Nusantara dan Jalan Pramuka masih terlihat mobil-mobil pribadi maupun truk dan pick-up terlihat parkir sembarangan. Bahkan mobil-mobil pribadi ini memarkirkan mobilnya tidak berteraturan sehingga bahu jalanpun menjadi semakin sempit dan menimbulkan kemacetan.

Hal serupa juga ditemuka di kawasan Jalan Meral. Sisi kanan dan kiri jalan terparkir mobil-mobil pribadi dan kendaraan roda dua yang tampak parkir sembarangan. Akibatnya para pengendara yang melintaspun menjadi terganggu dan daerah inipun menjadi rawan macet khususnya pada saat menjelang sore hari.

Atas kondisi tersebut, sebagian masyarakat meminta solusi agar kenyamanan pengguna jalan lain tidak terganggu. (ian)