Kasigamat KSOP Tanjungbalai Karimun, Syahrinaldi menyematkan pita kepada perwakilan peserta apel
Kasigamat KSOP Tanjungbalai Karimun, Syahrinaldi menyematkan pita kepada perwakilan peserta apel (ian)

Karimun, Lendoot.com – Pantau persiapan angkutan laut arus mudik Natal dan Tahun Baru 2018, Kantor Syahbandar dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Tanjungbalai Karimun menggelar apel gabungan, Senin (18/12/2017) pagi.

Apel gabungan dipusatkan di halaman belakang KSOP Karimun, turut hadir diantaranya, Pelindo, KKP, BUP, Imigrasi dan Kantor Kesehatan Pelabuhan.

Kepala Seksi Penjagaan dan Penyelamatan (Kasigamat) KSOP Kelas II Tanjungbalai Karimun, Syahrinaldi mengatakan seluruh kapal dan alat keselamatan penumpang telah diperiksa sejak beberapa pekan lalu.

“Kita sudah memeriksa seluruh kapal dan kelengkapan keselamatan yang ada di dalamanya. Untuk angkutan Natal dan Tahun baru sudah siap,” kata Syahrinaldi saat diwawancarai wartawan usai memimpin apel gabungan.

Syahrinaldi juga menjelaskan, pihaknya mengintruksikan kepada Nahkoda untuk memperhartikan keselematan dalam pelayaran.

“Kita selalu sampaikan pada mereka agar tetap memperhatikan kondisi cuaca dari BMKG. Selain itu jangan memaksakan kapasitas penumpang apabila sudah melebihi,” jelasnya.

Sementara untuk penambahan armada kapal, Syahrinaldi menyebut belum melakukan penambahan kapal. Hal itu dikarenakan lonjakan penumpang hingga saat ini belum terjadi.

“Kalau penambahan kapal belum ada, karena lonjakan penumpang kita perkirakan terjadi di H-3 nanti,” ucapnya.

Pantauan di lapangan, usai menggelar apel gabungan, Kasigamat didampingi beberapa petugas lainnya langsung melakukan pemeriksaan penumpang di Ponton Pelabuhan. (ian)