Karimun, Lendoot.com – Pencanangan Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) ke- XIV, peringatan Hari Kesatuan Gerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (HKG PKK) ke-45, Gerakan Nasional Indonesia Bersih (GNIB), disejalankan dengan TNI Manunggal, KB Kes dan Kampung KB se-Provinsi Kepri di Kecamatan Kundur Utara resmi dibuka oleh Pangdam I/BB, Mayjen TNI Cucu Sumantri, Selasa (9/5/2017).

Pembukaan ini ditandai dengan penekanan tombol sirine oleh Pangdam I/BB didampingi Deputi Pengendalian Penduduk Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) RI, Totor Wendy Hartanto, Gubernur Kepri, Nurdin Basirun serta Wakil Bupati Karimun, Anwar Hasyim.

Dalam sambutannya Pangdam I/BB mengatakan, kegiatan ini merupakan program dengan tujuan memilihara kesinambungan dan kebersamaan sebagai basis ketahanan nasional.

“Program ini merupakan wujud nyata dari kemenanggulangan antara TNI dan rakyat,” kata Mayjen TNI Cucu Sumantri.

Sementara Gubernur Kepri, Nurdin Basirun menyatakan kegiatan gotong royong di Provinsi Kepri mulai melemah. Padahal, gotong royong adalah salah satu budaya di Indonesia.

“Gotong royong dan kebersamaan harus ditingkatkan lagi. Begitu dengan program Kampung KB, juga harus disukseskan,” ucap Nurdin.

Sementara itu, ketua panitia pelaksana yang juga Sekda Provinsi Kepri, Arif Fadillah mengatakan kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kepedulian dan peran masyarakat berdasarkan semangat kebersamam menuju penguatan integritas sosial, dalam pengentasan kemiskinan.

“Kegiatan-kegiatan ini meliputi bidang diantaranya kemasyarakan ekonomi, sosial budaya dan agama, pelayanan kesehatan, pembuatan jamban masyarakat, gotong royong dan pembangunan RTLH,” ucapnya. (ian)