Ilustrasi pemulung. (ist/net)
Ilustrasi pemulung. (ist/net)

Karimun, Lendoot.com – Kewaspadaan masyarakat sepertinya perlu ditingkatkan. Keberadaan pemulung yang kerap mencari barang bekas di sekitar pemukiman warga diduga kuat juga melakukan aksi tidak terpuji, mencuri barang berharga ketika penghuni rumah lengah.

Kewaspadaan ini diungkapkan Kusmiran, Ketua RT 07 RW 01 Perumahan Bukit Permai Kelurahan Teluk Air, Karimun. Kusmiran yang juga menjadi korban dugaan pencurian oknum pemulung, Selasa (7/3/2017) pagi tadi itu, kehilangan ponselnya tak lama setelah melintas seorang oknum pemulung.

“Warga sekitar memberikan petunjuk bahwa menduga kuat yang mencuri itu pemulung, atau oknum pemulung lah. Ditinggal sebentar, ponsel saya diletak di meja belakang hilang. Memang saat itu rumah sepi, Jadi masyarakat berhati-hatilah,” katanya kepada Lendoot.com, siang tadi.

Oknum pemulung yang mencari barang bekas kemudian mencuri barang berharga jika ada kesempatan, kata Kusmiran, bukan modus baru.

Kusmiran mengatakan, bagian belakang rumahnya sebenarnya sudah dipagar teralis. “Mungkin dia nunggu sepi, lalu menggunakan pengaitnya oknum pemulung itu mengambil hape saya,” katanya.

Sampai saat ini, Kusmiran belum mendapatkan ponselnya kembali. Kusmiran juga enggan melaporkan kejadian tersebut ke pihak berwajib. “Cuma patut diwaspadai saja buat masyarakat yang lain, jangan sampai kejadian yang sama seperti saya,” pungkasnya. (sjs)