Akses jalan di Kelurahan Buru ini berlumpur dan becek jika turun hujan. Kondisi ini rawan kecelakaan bagi warga sekitar. (ist)
Akses jalan di Kelurahan Buru ini berlumpur dan becek jika turun hujan. Kondisi ini rawan kecelakaan bagi warga sekitar. (ist)

Oleh: Usman

Kabupaten Karimun sudah berdiri sekitar 19 tahun lamanya. Sayangnya, sampai sekarang pembangunan masih saja tidak merata dan tidak berkembang pesat. Masih banyak pembangunan yang harus menjadi perhatian Pemkab Karimun.

Contohnya adalah dari segi pembangunan insfrastruktur jalan. Sampai saat ini masih ditemukan jalan-jalan yang rusak dan belum dilakukan pengaspalan. Salah satunya di Parit Sembilan kelurahan Buru, Kecamatan Buru, Kabupaten Karimun. Sampai saat ini, jalan tersebut belum ada pengaspalan.

Mengapa hal itu bisa terjadi?

Ini harus menjadi perhatian Pemkab Karimun menyelesaikan permasalahan tersebut. Pasalnya, jalan merupakan salah satu urat nadi bagi masyarakat.

Dengan kondisi jalan yang belum stabil, maka akan menjadi bahan ancaman keselamatan bagi pengendara motor dan sebagainya.

Mengapa ini menjadi bahan ancaman? Ya, karena jalan yang rusak akan menjadi permasalahan masyarakat dan akan menimbulkan dampak yang berbahaya, contohnya adalah kecelakaan.

Parit Sembilan adalah salah satu akses penghubung jalan siswa menuju ke sekolah. Tetapi jalan tersebut terdapat suatu permasalahan, yaitu belum tampak akan adanya proses pengaspalan yang jika diperhatikan dapat menghambat perjalanan ke sekolah.

Bukan hanya dari siswa SMA Kecamatan Buru yang mengeluh dengan kondisi jalan tersebut.  Tentunya ini sudah menjadi sebuah ancaman ketika musim hujan tiba jalan tersebut akan berlumpur dan becek.

Menurut Undang-undang nomor 38 tahun 2004, jalan sebagai salah satu prasarana transportasi merupakan unsur penting dalam pengembangan kehidupan berbangsa dan bernegara.

Maka pembinaan persatuan dan kesatuan bangsa, wilayah negara, dan fungsi masyarakat serta dalam memajukan kesejahteraan umum sebagaimana dimaksud dalam Pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 dapat tercapai.

Jalan juga sebagai bagian dari sistem transportasi nasional  yang mempunyai peranan penting terutama dalam mendukung bidang ekonomi, sosial dan budaya. Pendekatan pengembangan wilayah agar tercapai pemerataan pembangunan antardaerah.

Membentuk dan memperkukuh kesatuan nasional untuk memantapkan pertahanan dan keamanan nasional, serta membentuk struktur ruang dalam rangka mewujudkan sasaran pembangunan nasional.

Sudah diterangkan dalam amanat UU tersebut mengenai jalan, dan mengapa sampai sekarang masih ada di daerah yang belum terealisasi? Seharusnya ini menjadi bahan evaluasi bagi pemkab Karimun.

Masalah ini bukanlah masalah yang baru tapi ini sudah menjadi bahan pembicaraan bagi masyarakat Kecamatan Buru Kabupaten Karimun, khususnya.

Pergantian Bupati Karimun dari Nurdin Basirun ke Aunur Rafiq sejak 3 tahun yang lalu, jalan ini menjadi harapan besar bagi masyarakat Kecamatan Buru. Untuk itu perubahan infrastruktur pembangunan menjadi harapan yang kini harus ditanggung pemerintahan Bupati Aunur Rafiq dan Wakil Bupati Anwar Hasyim. (*)

Penulis adalah Ketua Himpunan Mahasiswa Kecamatan Buru di UMRAH Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Jurusan Bahasa Inggris