Pjs Gubernur Bahtiar Baharuddin. (ist)

Kepri, Lendoot.com – Pjs Gubernur Bahtiar Baharuddin mengajak seluruh komponen masyarakat bergerak serentak melawan pandemi Covid-19. Saat ini dunia terus bergerak bersama-sama untuk memutuskan mata rantai penyebaran Covid-19.

“Mari kita bergerak bersama pada 10 November nanti. Mari menjadi pahlawan untuk diri sendiri, lingkungan kita agar terhindar dari paparan wabah pandemi ini. Dengan bersama, kita pasti bisa,” ujarnya.

Jadikan hari pahlawan 10 November 2020, katanya, momentum menjadi Pahlawan Kemanusiaan, pahlawan melawan covid-19. “Pahlawan itu harus rela berkorban, dulu para pahlawan rela korbankan darah dan nyawa. Jadi  pahlawan rela berkorban harta dengan membagi masker bagi seluruh masyarakat kepri pada 10 November 2020.

Membagi masker berarti mencegah tiap manusia terpapar covid, mencegah warga sakit dan mencegah dari ancaman kematian. Jadikah pahlawan kemanusiaan dengan membagi masker kepada masyarakat dilingkungan masing-masing,” kata Bahtiar, di Gedung Daeraj, Tanjungpinang, Jumat (23/10/2020) malam.

Bahtiar pun meminta Bupati dan Wali Kota untuk mengorganisir dan mengarahkan seluruh camat, kepala desa, lurah dan ibu-ibu PKK Kabupaten Kota. Juga PKK kecamatan, PKK Desa dan Kelurahan agar pada tanggal 10 November 2020 ini secara bersama-sama serentak melaksanakan kegiatan bagi-bagi masker di wilayah masing-masing.

Bahtiar pun mengajak Kadis Pendidikan Provinsi Kepri dan Kadis Pendidikan Kabupaten Kota untuk melakukan hal yang sama. Juga mengajak seluruh kampus dan sekolah-sekolah juga membagikan masker serentak pada Hari Pahlawan itu.

Kadis Sosial juga diajak Bahtoar untuk melakukan hal yang sama. Demikian juga dengan Kadis Perhubungan untuk mengorganisir seluruh operator kapal dan pelabuhan melaksanakan gerakan bagi-bagi masker. Seluruh pengelola mall dan pasar juga diminta bagi-bagi masker di lingkungannya.

“Saya minta seluruh bergerak bersama pada 10 November 2020 ini,” kata Bahtiar.

Menurut Bahtiar, semua itu perlu komitmen semua pihak, kerjasama semua pihak, gerakan bersama semua pihak dalam hal kepedulian untuk mencegah virus ini menular. Termasuk dan membunuh lebih banyak lagi manusia di dunia khususnya di Kepri.

H Bahtiar mengungkapkan bahwa Gerakan Pilkada Sehat yang terus digelorakannya sejak hari pertama memimpin Kepulauan Riau tidak akan pernah terwujud jika hanya dilakukan sendiri. Untuk mewujudkan semua itu butuh kerjasama semua pihak. (*/msa)