Ilustrasi siswa try out di sebuah sekolah. (istimewa)
Ilustrasi siswa try out di sebuah sekolah. (istimewa)

Karimun, Lendoot.com – Sejumlah orangtua siswa kelas IX SMP di Karimun saat-saat ini sedang resah. Pasalnya selain ekonominya sedang sulit, kini mereka dibebankan lagi biaya try out sebesar Rp 300 ribu per siswa.

“Pak, kami nak lapor nih. Ada pungutan Rp 300 ribu untuk biaya try out anak saya. Kalau orangtua yang tak mampu, katanya boleh Rp 250 ribu saja. Saya mau tanya pak, pungutan itu masuk pungutan liar tak ya, pak?” kata warga kepada Lendoot.com, pagi tadi.

Warga yang enggan disebut namanya itu mengaku tidak pernah diberitahukan sebelumnya bakal ada pungutan untuk try out tersebut.

Seorang warga lain yang anaknya sekolah di sebuah SMPN berbeda mengakui hal yang sama. “Kalau saya, Insha Allah masih mampu, tapi kan ada juga orangtua yang kurang mampu. Apa tak ada kebijakan lain, seperti dibantu Pemda karena kan anggaran pendidikan itu paling besar di APBD?” kata warga lainnya.

Hingga berita ini diturunkan, Kepala Dinas Penddikan Karimun belum bisa dikonfirmasi melalui ponselnya, pagi tadi. (sjs)