Pelaksanaan operasi Zebra Seligi yang dilakukan oleh anggota Satlantas Polres Karimun beberapa waktu lalu (dok)
Pelaksanaan operasi Zebra Seligi yang dilakukan oleh anggota Satlantas Polres Karimun beberapa waktu lalu (dok)

Karimun, Lendoot.com – Ops Zebra Seligi 2018 yang digelar sejak 30 Oktober 2018, telah berakhir, Selasa (12/11/2018) kemarin. Satlantas Polres Karimun mengeluarkan sebanyak 512 surat tilang dan 262 surat teguran.

Kasat Lantas Polres Karimun mengatakan, jumlah pengeluaran surat tilang maupun surat teguran dalam Ops Zebra Seligi tahun 2018 menurun drastis dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

“Dibandingkan tahun lalu menurun drastis ya. Tahun lalu itu sekitar seribu lebih surat tilang yang kita berikan ke pengendara, namun saat ini kita hanya mengeluarkan 512. Ini separuh dan ini tandanya masyarakat kita sudah banyak sadar tentang keselamatan,” kata Kenedi, Selasa (13/11/2018).

Kenedi menjelaskan, surat teguran yang diberikan merupakan surat peringatan kepada pengendara yang dalam hal pelanggaran ringan. Namun setelah diberi surat teguran dan apabila melanggar kembali akan dilakukan penilangan.

“Teguran itu kita tidak melakukan tindakan penilangan namun kita berikan surat teguran. Lebih jelasnya pelanggaran ringan seperti tidak membawa helm tapi surat lainnya dia lengkap kita hanya berikan surat teguran saja. Jika kedapatan melanggar lagi akan kita tilang,” jelasnya.

Di kesempatan ini, Kenedi juga mengimbau kepada seluruh masyarakat Kabupaten Karimun untuk tetap konsisten dalam berlalu lintas dan jangan menyepelekan keselamatan. Tetap berkomitmen menjadi pelopor keselamatan lalu lintas.

“Meski sudah berakhir operasi ini kami akan tetap konsisten mengingatkan kepada pengguna jalan untuk tetap tertib. Jangan beranggapan berakhirnya operasi ini masyarakat berfikir berakhir pula kegiatan kita. Kita akan tetap laksanakan,” tambahnya. (riandi)