Nyimas Novi Ujiani usai terpilih sebagai Ketua HIMPAUDI Kabupaten Karimun di Hotel Balai View, siang tadi. (sjs)
Nyimas Novi Ujiani usai terpilih sebagai Ketua HIMPAUDI Kabupaten Karimun di Hotel Balai View, siang tadi. (sjs)

Karimun, Lendoot.com – Nyimas Novi Ujiani terpilih secara aklamasi sebagai Ketua Himpunan Pendidik Anak Usia Dini Indonesia (Himpaudi) Kabupaten Karimun untuk periode 2017-2022. Nyimas terpilih saat Musda Himpaudi Kabupaten Karimun ke-2 yang digelar di Hotel Balai View, Senin (27/2/2017).
Kepada wartawan, Novi mengatakan telah memili ki konsep atau terobosan dalam meningkatkan kualitas pendidikan bagi peserta didik Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) tersebut. Salah satunya, menitikberatkan latar pendidikan para guru pengajar PAUD tersebut.

“Ini berbicara soal fondasi pendidikan. Kualitas atau mutu pendidikan dimulai dari tingkat tingkat pendidikan terendah. Ke depan, guru PAUD idealnya sarjana,” kata Nyimas Novi.

Untuk itu, Nyimas akan mendorong agar guru PAUD dapat mengikuti perkuliahan. “Kan di Karimun sudah ada beberapa perguruan tinggi. Silahkan mengajar sambil kuliah pada sore harinya,” kata Novi.
Meski belum bisa menjanjikan, namun Ketua Fraksi PKB DPRD Kabupaten Karimun ini juga berusaha agar guru-guru PAUD berprestasi bisa mendapatkan beasiswa dari pemerintah daerah. Peran pemerintah daerah di sini, katanya, sangat besar.

“Untuk itu kita juga mengharapkan perhatian serius dari pemerintah daerah yang kaitannya adalah tentang sarana dan prasarana pendidikan khususnya bagi anak-anak PAUD. Guru-guru PAUD yang berprestasi sepatutnya diberikan beasiswa. Sebab ini menyangkut dasar dan fondasi pendidikan kita ke depan,” katanya.

Dia juga meminta kepada para tenaga pendidik agar dapat melakukan sosialisasi kepada lingkungan masing-masing, bahwa pendidikan anak usia dini tidak semestinya harus kepada pendidikan formal dalam artian harus ke Taman Kanak-kanak (TK). Dengan kata lain, anak-anak usia dini juga dapat didik pada Kelompok Bermain (KB).

Dari data Dinas Pendidikan Karimun, pendidikan formal maupun non formal se-Kabupaten Karimun mencapai sebanyak 155 lembaga. Di antaranya; 66 TK, 70 KB dan 19 Satuan Paud Sejenis (SPS). (sjs)