Tampak depan rumah milik pekerja ilegal asal Thailand di Teluk Air Karimun, (istimewa)
Tampak depan rumah milik pekerja ilegal asal Thailand di Teluk Air Karimun, (istimewa)

Karimun, Lendoot.com – Sebanyak tiga warga negara Thailand yang diamankan petugas Kantor Imigrasi Kelas II Tanjungbalai Karimun yang diduga menyalahi izin kunjungan atau sebagai pekerja ilegal beberapa hari lalu, ternyata telah tinggal bertahun-tahun di Karimun.

Dari penelusuran Lendoot.com, mereka tinggal sudah bertahun-tahun lamanya  di jalan Teluk Air, No. 20 Rt 06 Rw 06, Kelurahan Teluk Air, Kecamatan Karimun.

Seorang warga setempat, mengatakan bahwa rumah yang juga dijadikan kantor PT SK Sena Mining tersebut telah ditempati sekitar empat tahun lalu. Bahkan ternyata rumah itu sudah dibeli oleh warga negara Thailand dari seorang warga Karimun.

“Sudah ada sekitar empat tahun. Kalau tidak salah dulu awalnya dikontrak, lalu mereka beli,” kata seorang warga Rt 06 Rw 06, Teluk Air yang tak mau namanya disebutkan, Selasa (7/2/2017).

Sementara itu, warga Teluk Air yang lain, Adi mengatakan warga negara Thailand yang tinggal di situ lebih dari tiga orang. Mereka bekerja di kapal isap timah. Bahkan banyak di antaranya telah menikah dengan orang Indonesia.

“Ada yang memang di sini dan ada juga yang di kapal. Saya dengar mereka punya istri di Jakarta atau dimana gitu. Tapi masih orang kita Indonesia (warga negara Indonesia/WNI-red),” kata Adi.

Pantauan di lokasi, rumah yang terletak di pinggir jalan raya tersebut terlihat kosong. Pagar rumah dikunci menggunakan gembok. Dua unit mobil terpakir di terasnya. Selain itu tidak terlihat adanya plang nama perusahaan di luar rumah yang tidak jauh dari Kantor Pelindo II Cabang Tanjungbalai Karimun.

Diberitakan sebelumnya, delapan Abduraheem Mahyetae, Suchat Chomsuansawan dan Arhamadsunkiflee Jintradi ditangkap oleh petugas Kantor Imigrasi Karimun.

Mereka ditangkap karena bekerja menggunakan visa kunjungan. Selain mereka bertiga, petugas juga mengamankan lima warga negara Thailand lain dan enam warga negara Bangladesh. (ian)