Karimun, Lendoot.com – Penghuni Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas II Tanjungbalai Karimun diajarkan tentang bagaimana cara pengelolaan sampah oleh Dinas Perumahan, Pemukiman dan Kebersihan di lapangan Rutan.

Kegiatan tersebut dilaksanakan dalam rangka memperingati Hari Permasyarakatan ke-53, pagi tadi.

Para penghuni Eutan terlihat diajarkan tentang bagaimana untuk mengelola sampah agar bisa dimanfaatkan kembali. Mereka juga diajarkan bagaimana cara untuk memilah sampah.

Kepala Rutan Kelas II Tanjungbalai Karimun, Eri Erawan mengatakan tujuan diberikan pengetahuan pengelolaan sampah kepada narapidana adalah untuk memberi dampak positif bagi narapidana. Kegiatan sosialisasi ini juga sebagai salah satu bentuk dukungan Rutan pada program Pemerintah yakni, Karimun bersih.

“Kita ingin narapidana tahu cara mengelola sampah yang ada, agar bermanfaat. Sekaligus supaya mereka juga lebih peduli dan ikut serta mendukung Karimun bersih yang menjadi program Pemda,” kata Ery kemarin.

Eri mengatakan, setiap hari Rutan Karimun dapat menghasilkan sampah berkisar 400 Kg, atau sebulannya 1,6 ton. Menurutnya, dengan total sampah yang banyak tersebut, diperlukan pengelolaan dan penanganan yang baik.

“Sampah yang banyak tersebut, apabila bisa dikelola akan bermanfaat. Seperti tadi, mereka di ajarkan bagaimana cara membuat pupuk kompos,” ucapnya.

Ia berharap, pengetahuan yang telah diberikan kepada narapidana tersebut dapat diterapkan setelah mereka keluar dari Rutan dan menjadi Duta Kebersihan di lingkungannya masing-masing. (ian)