Kepala Dinas Perdagangan, Koperasi, UKM dan ESDM Kabupaten Karimun, Muhammad Yosli
Kepala Dinas Perdagangan, Koperasi, UKM dan ESDM Kabupaten Karimun, Muhammad Yosli (ian)

Karimun, Lendoot.com – Kepala Dinas Koperasi UKM dan ESDM Kabupaten Karimun, Muhammad Yosli mengatakan bahwa pihaknya siap membantu para pengerajin batik dan pelaku UKM untuk mengembangkan usahanya.

Hal tersebut Ia sampaikan saat menghadiri pengukuhan Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Karimun beberapa waktu lalu di Hotel Aston Tanjungbalai Karimun.

“Dalam waktu dekat mungkin akan saya kumpulkan pengerajin yang ada di Kabupaten Karimun ini. Kita minta desain yang kita buat bisa tidak dicetak sendiri, sehingga kita tidak perlu lagi pesan dari luar,” kata Kepala Dinas Koperasi UKM dan ESDM Kabupaten Karimun, Muhammad Yosli.

Yosli menyebut, sebelum memproduksi batik sendiri, nantinya para pengerajin batik yang ada di Karimun akan diberikan pelatihan.

Untuk itu, Yosli berharap pihaknya mendapat bantuan peralatan untuk desain, sebab menurutnya selama ini pengerajin batik di Karimun masih dilakukan dengan cetak. Sehingga dengan adanya bantuan peralatan tersebut, di 2018 Karimun dapat memproduksi batik sendiri.

“Kalau bisa kita ada bantuan peralatan untuk desain batiknya. Sehingga di 2018 kita sudah dapat memproduksi batik di tempat sendiri dengan memberdayakan pengerajin kita,” ucap Yosli. (ian)