Kepala Dinas Pangan dan Pertanian Kabupaten Karimun, Muhammad Affan (kemeja merah) bersama Bupati Karimun, Aunur Rafiq saat menghadiri pengukuhan HKTI
Kepala Dinas Pangan dan Pertanian Kabupaten Karimun, Muhammad Affan (kemeja merah) bersama Bupati Karimun, Aunur Rafiq saat menghadiri pengukuhan HKTI (ian)

Karimun, Lendoot.com – Kepala Dinas Pangan dan Pertanian Kabupaten Karimun, Muhammad Affan berharap kehadiran organisasi Tani seperti Kelompok Tani Nelayan Andalan (KTNA) dan Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) dapat mensejahterakan para petani.

Hal tersebut Ia sampaikan saat menghadiri pengukuhan pengurus Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) Kabupaten Karimun di Hotel Balai View beberapa waktu lalu.

“Ya kita harapkan kehadiran kelompok Tani seperti KTNA dan HKTI di Kabupaten Karimun bersama dengan Dinas Pertanian saling bersinergi untuk sama-sama membangun pertanian di Karimun, sehingga kesejahteraan para petani dapat tercapai,” kata Muhammad Affan.

Untuk itu menurutnya, semua organisasi Tani di Karimun harus dapat saling bersinergi untuk sama-sama memecahkan permasalahan utama yang selama ini menjadi kendala bagi para petani.

“Sehingga dengan lahan pertanian kita yang skala kecil ini, tapi dapat berbuat banyak. Karena kita memiliki keunggulan yang terletak diantara pasar-pasar potensial seperti Malaysia, Singapura, Vietnam dan Thailand yang membutuhkan tanaman dari kita,” ucap Affan.

Affan menambahkan, hingga saat ini 50 persen lebih masyarakat di Karimun bahkan di Provinsi Kepulauan Riau, masyarakatnya masih menggantungkan hidupnya dari hasil pertanian. (ian)