Gubernur Kepri, Nurdin Basirun memukul bedug tanda pembukaan MTQ Tingkat Provinsi Kepri ke-7 dimulai
Gubernur Kepri, Nurdin Basirun memukul bedug tanda pembukaan MTQ Tingkat Provinsi Kepri ke-7 dimulai (Riandi)

Lingga, Lendoot.com – Pelaksanaan Musabaqoh Tilawatil Qur’an (MTQ) Tingkat Provinsi Kepulauan Riau Ke-7 tahun 2018 resmi dibuka Gubernur Kepulauan Riau, Nurdin Basirun di, Desa Lanjut, Kecamatan Singkep Pesisir, Kabupaten Lingga, Selasa (8/5/2018) malam.

Ketua panitia Musabaqoh Tilawatil Qur’an (MTQ) Tingkat Provinsi Kepulauan Riau Ke-7 tahun 2018, TS Arif Fadillah menyampaikan pelaksanaan MTQ ini digelar dari tanggal 8-14 Mei 2018 yang diikuti sebanyak 300 Qori dan Qoriah Se-Provinsi Kepri dan sekitar 91 dewan hakim dari yang didatangkan dari Nasional danĀ  Daerah.

Sementara itu, dalam sambutannya, Gubernur Kepulauan Riau, Nurdin Basirun mengatakan, semarak pelaksanaan MTQ ke-7 tahun 2018 ini dilaksanakan dengan memuat unsur sosial, pendidikan, Ekonomi, Seni dan Budaya sehingga mengundang antusias masyarakat.

“Kegiatan ini merupakan icon budaya bagi umat, sehingga akan rutin digelar, dan Kabupaten Lingga sebagai tuan rumah tahun ini kami anggap berhasil melaksanakan MTQ tingkat Provinsi tahun 2018 ini,” Kata Nurdin.

Orang nomor satu di Kepulauan Riau itu juga mengatakan, momentum MTQ ini nantinya menjaring khafilah yang akan mewakili Provinsi Kepulauan pada ajang Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) tingkat Nasional di Sumatera Utara mendatang.

“Kita harapkan MTQ ini untuk mempersiapkan Kafilah Kepri di tingkat Nasional di Sumatera Utara mendatang, tentunya pelaksanaan MTQ di Sumatra Utara ada satu harapan mudah-mudahan kita juara umum,” ujarnya.

Dia menambahkan, target capaian juara umum tersebut bukalah tanpa alasan, hal itu akan menanamkan rasa religius sehingga dapat di implementasikan dalam kehidupan di Bumi Kepulauan Riau.

“Kita tidak populer dengan industri, perikanan, pendidikan tetapi harus dikenal dengan pembinaan agama, sehingga dapat di aplikasikan dalam kehidupan,” ucapnya.

Menurutnya, melihat antusias masyarakat yang begitu sangat bersemangat menyambut pelaksanaan MTQ tersebut bagaikan penyambutan perayaan Lebaran Idul Fitri.

“Semarak dan antusiasnya masyarakat menyaksikan, saya melihat ibaratkan pembukaan MTQ lebaran Idul Fitri. Kami yakin dan percaya para kafilah dari para Kabupaten Kota mampu mengikuti pelaksanaan MTQ tingkat nasional mendatang. Pesan saya kepada dewan hakim dapat bekerja secara profesional,” tutupnya. (Riandi)