Tamu undangan MTQ Kecamatan Meral berpose bersama usai acara pembukaan, tadi malam. (ist)
Tamu undangan MTQ Kecamatan Meral berpose bersama usai acara pembukaan, tadi malam. (ist)

 

Karimun, Lendoot.com – Pembukaan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) tingkat kecamatan Meral, Sabtu (4/3/2017), berlangsung meriah. Bahkan beberapa hadirin mengatakan MTQ tingkat kecamatan tersebut layaknya MTQ tingkat kabupaten.

“Dari astaqa yang megah sampai hadirinnya yang banyak, MTQ ini seperti MTQ tingkat kabupaten saja,” ujar seorang hadirin di sela acara pembukaan yang dilangsungkan di area Masjid Agung Karimun itu.

Ada enam kubah kiri dan kana astaqa yang melambangkan enam Kelurahan di Kecamata Meral. Kemudian ada satu kubah utama di astaka, ini  melambangkan Kecamatan Meral.

Kemeriahan acara tak hanya dari astaqa yang megah, iringan tarian kolosal khas Melayu dari Pusat Latihan Seni Pelangi Budaya Studio yang dimotori Ahadian, memukau hadirin.

Pembukaan MTQ ini ditandai dengan pemukulan bedug Wabup Karimun Anwar Hasyim. Sebelumnya dilaksanakan penyerahan piala bergilir MTQ Kecamatan Meral dari Lurah Baran kepada Camat Meral, kemudian diserahkan kembali ke ketua umum panitia MTQ Kecamatan Meral.

Pembukaan juga yang, diantaranya Kadis ESDM Pemprov Kepri, Anjom, Ketua Tim PKK Provinsi Kepri, Noorlizah Nurdin Basirun, Sekda Karimun, Muhammad Firmasnyah, FKPD, Kepala SKPD Pemkab Karimun serta ribuan masyarakat sekitar.

Saat pembukaan tersebut, Camat Meral Irwan Dinovri menyampaikan laporannya bahwa MTQ ini dilaksanakan sejak 4 sampai 7 Maret mendatang. Kategori yang diperlombakan di antaranya; cabang Tilawah Qur’an, Hifzil Qur’an, Syarhil Qur’an dan Fahmil Qur’an.

Kategori ini diikuti sebanyak 96 peserta atau qori dan qoriah dari 6 Kelurahan se-Kecamatan Meral. Dengan rincian Kelurahan Meral Kata 16 peserta, Baran Barat 16, Sei Raya 16, Sei Pasir 16, Baran Timur 16 dan Parit Benut 16. (sjs)