Bupati Karimun, Aunur Rafiq menyampaikan kata sambutan di pembukaan MTQ tingkat Kecamatan Meral tadi malam
Bupati Karimun, Aunur Rafiq menyampaikan kata sambutan di pembukaan MTQ tingkat Kecamatan Meral tadi malam (Riandi)

Karimun, Lendot.com – Pelaksanaan Musabaqoh Tilawatil Qur’an (MTQ) tingkat Kecamatan Meral tahun 2018 yang dilaksanakan di Lapangan Gg Merdu Kelurahan Baran Barat, Kecamatan Meral, Jumat malam (23/2/2018), memberikan dua inovasi terbaru.

Dalam pelaksanaan tersebut mengangkat tema meningkatkan kualitas iman dan syi’ar Al-Qur’an sebagai sumber inspirasi pembentukan generasi Qurani yang berkarakter Meral hebat, harmonis, edukatif, bersih, agamis dan toleransi.

Camat Meral Irwan Dinovri menjelaskan, rangkaian kegiatan Musabaqoh Tilawatil Qur’an (MTQ) tingkat Kecamatan Meral tahun 2018, pihaknya memberikan inovasi ataupun perubahan terbaru dari tahun sebelumnya, yakni membangun stand bazar satu atap yang menaungi 6 Kelurahan sekaligus dan merubah jadwal pelepasan pawai ta’aruf.

“Kegiatan MTQ tahun ini, kami sedikit memberikan sedikit perubahan diantaranya pelepasan pawai ta’aruf yang di laksanakan pada pukul 08:00 wib mengingat 2 bulan terakhir cuaca di Karimun sangat panas. Perubahan kedua adalah membangun stand bazar satu atap yang menaungi 6 Kelurahan sekaligus,” jelasnya.

Dia menambahkan, bangunan stand ini memiliki nilai-nila arsitektur keindahan dan kenyamanan serta kategori penilaian yang akan menekankan nilai prodak kerajinan, makan ringan dan keramahan- tamahan pelayanannya sehingga para lurah dan ketua penggerak PKK Kelurahan bisa lebih fokus pada kegiatan sumberdayaan terhadap kerajinan makanan lokal.

“MTQ tingkat Kecamatan Meral ini, kami bersepakat dengan lurah se-Kecamatan Meral untuk membuat sebuah inovasi dan perubahan untuk membangun stand bazar satu atap dengan menaungi 6 Kelurahan sekaligus yang didalamnya dengan tujuan nilai-nilai kebersamaan dan toleransi sesuai moto kerja kami Meral hebat, harmonis, edukatif, bersih, agamis dan toleransi,” tambahnya.

Novri mengatakan, peserta Musabaqoh Tilawatil Quran (MTQ) Tingkat Kecamatan Meral ini terdiri dari 6 Kelurahan yakni, Kelurahan Meral Kota, Kelurahan Baran Barat, Sei Raya, Sei Pasir, Kelurahan Baran Timur dan Kelurahan Parit Benut, yang mana masing-masing peserta dari setiap kelurahan berjumlah 10 Peserta.

“Pelaksanaan ini dimulai sejak 23 hingga 26 Februari mendatang, diawali dengan rangkaian kegiatan pawai ta’aruf yang diikuti oleh seluruh lapisan masyarakat Kecamatan Meral,” ujarnya.(Riandi)