Natuna, Lendoot.com – Meski dalam tiga tahun terakir tidak ada bantuan dari Pemkab Natuna untuk Badan Musyawarah Guru (BMG) dan seluruh TPQ se-Kecamatan Bunguran Timur, namun guru ngaji itu tetap menjalankan rutinitas mengajar mengaji kepada santri-santriwati mereka.

Bahkan baru-baru ini mereka mengadakan berbagai lomba keagamaan, seperti lomba sholat, mengaji, da’i cilik, dan lomba lainya.

Rasa syukur di ucapkan oleh Ketua Dewan Juri H Bujang rusman atas terlaksananya acara lomba dilaksanakan masjid agung, meskipun tidak adanya bantuan dari pemerintah daerah atas terselenggaranya kegiatan ini.

“Meskipun tidak ada bantuan dari pemerintah daerah, kita harus tetap bersemangat untuk tetap mendidik anak-anak santri di TPQ kita masing-masing,” ujar Bujang rusman (3/12/2018) usai pembagian hadiah lomba.

Masih kata Ujang, Lomba TPQ  merupakan kegiatan silaturahim antara pengurus TPQ dan juga santri  TPQ  sekaligus merupakan ajang untuk meningkatkan pengembangan diri santri. Ini juga sebagai salah satu cara untuk mengetahui bahwa ternyata pendidikan di TPQ itu tidak dipandang sepele. “Pasalnya, TPQ mampu mengarahkan seorang anak untuk lebih berkembang,terutama dalam hal agama, adab sampai aqidah,” tambah Ujang.

Rusman, seorang wali santri menuturkan kebanggaannya serta sangat mendukung kegiatan serupa agar lebih semarak.

Para guru TPQ berharap, pemerintah daerah memiliki sedikit kesadaran untuk terus memperhatikan prosesi ajar mengajar di lingkungan TPQ yang ada di Natuna momen ini semakin lebih baik.

Lomba yang diikuti oleh  TPQ yang berada di kecamatan Bunguran Timur dan hadiah yang diberikan untuk para pemenang berasal dari iuran masing-masing TPQ, dengan hasil lomba sebagai berikut;

Lomba salat berjamaah: Juara 1 Wan Denistah, utusan TPQ Nurul Qur’an, Pering, dengan jumlah nilai 88,6. Juara II  Akram Pati Juma, dengan jumlah nilai 86 Utusan TPQ Al-Ashar Air Batu, juara III diraih oleh Aidil, dengan nilai 85,5 utusan TPQ Al-Ikhlas Ranai.

lomba Azan, juara 1 Firamli, utusan TPQ AN-Nasriah Sebakung, dengan jumlah nilai 92, juara II, Rizam Zaki Ardiyansyah, utusan TPQ Nurul Qur’an Pering, nilai 91, juara III Khairi Syawaludin, nilai 90 utusan TPQ Nurul Huda Meso.

Lomba Bacaan Do’a Sehari hari, putra. juara 1 dengan nilai 92, utusan TPQ Nurul Huda Meso, juara II dengan nilai 80, utusan TPQ Baitul Nur Sebala, Juara III dengan nilai 77, Utusan TPQ Al-Jami’ Ranai.

Bacaan Do’a Putri: juara 1 dengan nilai 98, utusan TPQ. Nurul Huda Meso, juara II dengan nilai 88, utusan TPQ Shirotol Mustakim Masjid Agung, juara III dengan nilai 87, utusan TPQ Al – Almuttaqin.

Kali Grafi: Putra, juara 1 dengan nilai 84, utusan TPQ Nurul Qur’an Pering, juara II dengan nilai 83, utusan TPQ Darrul Wustho Padang Kurak. Juara III dengan nilai 78, utusan TPQ Al-Ikhlas.

Kali Grafi Putri: juara I dengan nilai 98, TPQ Al – Jami’ Ranai, juara II dengan nilai 96, TPQ Al-Ilkhlas Ranai, juara III dengan nilai 92, TPQ Al-Ashar Air Batu.

Surah pendek: Putra, juara 1 dengan nilai 91, Nurul Huda Meso, juara II nilai 90, TPQ Nurul Qur’an Pering, juara III dengan nilai 89, TPQ Darrul Wustho Padang Kurak.

Surah pendek Putri: juara 1 nilai 91, TPQ Nabila Rihadatul Aisya, juara II dengan nilai 90, TPQ Al-Jami’ Pering, Juara III dengan nilai 89, utusan TPQ Nurul Qur’an Pering.

Lomba Tartil Qur’an: Putra, Juara 1 dengan nilai 84,TPQ Nurul Huda Meso, Juara II dengan nilai 83, TPQ Bantul Nur Sebala,  Juara III dengan nilai 80, TPQ Al-Jami’ Ranai.

Tartil putri : Juara 1 jumlah nilai 83, TPQ Nurul Huda Meso,  Juara II jumlah nilai 82, TPQ Nurul Qur’an Pring, Juara III jumlah nilai 81, utusan TPQ Al-Muttaqin.

Dacil Putri :Juara 1, diraih oleh Nadin, dengan nilai 170 utusan TPQ Al-Anshar Air Batu Bandarsyah. Juara II diraih oleh Suci Nuhidayah, nilai 163 utusan TPQ Nurul Huda Meso, Juara III diraih oleh Charisa, dengan nilai 161, utusan TPQ Nurul Qur’an Pering.

Dacil Putra : Juara 1 diraih oleh Rizki Maulana Yusuf, dengan nilai 166 utusan TPQ Al-Jami’ Ranai. Juara II dengan nilai 165, diraih oleh Rahmad Adilah, utusan TPQ Al-Ashar Air Batu. Juara III dengan nilai 163 diraih oleh Dhimas Aditia, utusan TPQ Al-Ikhlas Ranai.

Sedangkan juara umum direbut kembali oleh TPQ Nurul Huda Meso, setelah sempat direbut oleh TPQ Masjid Agung satu tahun. sampai tahun 2017 ini TPQ Nurul Huda Meso sudah dua kali meraih juara umum.(*/kmg/rikyrinovsky)