Walikota Batam HM Rudi. (kmg)
Walikota Batam HM Rudi. (kmg)

Batam, Lendoo.com – Walikota Batam Muhammad Rudi meminta Duta Besar Korea Selatan untuk Indonesia, Kim Chang Beom ikut membantu promosikan pariwisata Batam ke negara gingseng tersebut.

Permintaan ini disampaikan Rudi dalam kunjungan Kim ke Kantor Walikota Batam, Kamis (28/6/2018) lalu. “Kita sampaikan Batam sedang membangun, supaya Pak Dubes bisa mempromosikan juga,” kata Rudi usai pertemuan seperti dikutip dari keprimediagroup (kmg).

Kepada Dubes Kim, Rudi menjelaskan bahwa sebelumnya pernah ada penerbangan langsung dari Korea Selatan ke Batam. Waktu itu dalam satu bulan ada sampai empat kali penerbangan. Namun sifatnya pesawat sewa, bukan penerbangan reguler.

“Carter, mencari orang yang mau ke Batam, full (penuh), baru diberangkatkan, tidak rutin. Kita minta buka jalur langsung rutin ke Batam,” ujarnya.

Sebagai jawaban, Dubes Kim minta agar Pemerintah Kota Batam promosi pariwisatanya ke Korea Selatan. Karena dikatakan Kim, Batam belum terlalu populer di kalangan warga Korea.

“Untuk itu kita cari tahu dulu apa yang menjadi hobi, kesukaan mereka. Selain mempersiapkan infrastruktur,” sebut Rudi.

Ia mengatakan salah satu yang dibutuhkan wisatawan adalah keamanan. Dan pelebaran serta penataan jalan yang dilaksanakan Pemko Batam saat ini salah satu tujuannya adalah untuk keamanan wisatawan tersebut.

“Kedua, makanan. Itu harus kita siapkan. Airport kita belum siap untuk internasional, alakadarnya sudah siap tapi belum sempurna untuk penerbangan internasional. Dan yang pasti tujuan wisatanya sendiri. Ada izin resort di pulau yang sudah diberikan. Semoga tiga tahun ke depan sudah selesai,” tuturnya.

Rudi menjelaskan Kim Chang Beom baru menjadi Dubes empat bulan terakhir. Jadi ia keliling Indonesia khususnya ke wilayah yang ada warga dan investasi Korea Selatan. Batam termasuk di dalamnya. Karena di Batam ada 250 warga Korea Selatan yang tinggal dan 15 perusahaan yang berinvestasi.

“Kepada Dubes kita sampaikan bahwa usaha dan warganya di sini aman semua. Tak usah khawatir. Kehidupan beragama di sini juga cukup bagus. Untuk investasi saya garansi ada kemudahan. Kalau perlu saya antar langsung, sampai seperti itu,” sebut Rudi. (kmg/mediacenterbatam)