Muhamad Asrizal
Muhamad Asrizal

Penulis: Muhamad Asrizal (Alumni ilmu pemerintahan Umrah)

Unjuk rasa atau demonstrasi (demo) adalah sebuah gerakan protes yang dilakukan sekumpulan orang di hadapan umum. Unjuk rasa biasanya dilakukan untuk menyatakan pendapat kelompok tersebut untuk menentang kebijakan yang dilaksanakan suatu pihak atau dapat pula dilakukan sebagai sebuah upaya penekanan secara politik oleh kepentingan kelompok.

Unjuk rasa umumnya dilakukan oleh kelompok mahasiswa dan orang-orang yang tidak setuju dengan pemeritah yang menentang kebijakan pemerintah. Namun unjuk rasa juga dilakukan oleh kelompok-kelompok lainnya dengan tujuan yang berbeda.

Hal ini sering menjadi kesalahan persepsi bagi masyarakat, tidak heran masyarakat menganggap demonstrasi merupakan bentuk terakhir dalam menyelesai permasalahan dan menyampaikan aspirasi dan pendapat mereka.

Akan tetapi, perlu kita tekankan bahwa demonstrasi bukanlah solusi pertama dalam permasalahan, demonstrasi atau aksi yang dilakukan merupakan bentuk terakhir dalam penyelesaian masalah jika tanggapan kita dalam audiensi tidak ditanggapi maka wajar jika kita menempuh jalan aksi demonstrasi.

Dalam beberapa waktu yang lalu sempat kita lihat beberapa aksi mahasiswa yang menggelar unjuk rasa kepada pemerintah Kabupaten Karimun yang dianggap tidak melakukan pembangunan yang merata di setiap daerah, perlu kita tanggapi sangat bagus gagasan mereka.

Akan tetapi alangkah bagusnya dilakukan audiensi terlebih dahulu dan dilakukan observasi terkait data apa yang mereka dapatkan dalam lapangan sehingga bisa disinkronkan kepada pemerintah dan mencari solusi bersama-sama.

Jika kita berkaca pada beberapa poin-poin yang mereka tuntut sebenarnya bisa kita lihat ada beberapa permasalahan yang bukan kewenangan dalam pemerintahan daerah melainkan pemerintah provinsi. Untuk itu, saya mengharapkan Kabupaten Karimun yang merupakan Kabupaten yang kaya akan generasi muda yang terdidik supaya mampu menjalankan estafet pemerintahan selanjutnya.

Dan memberikan masukan secara baik dan melakukan silturahmi yang baik kepada pemimpin di Kabupaten Karimun sehingga apapun permasalahan bisa diselesaikan dengan musyawarah tanpa ada orang ketiga di dalam permasalahan rumah tangga (daerah) kita.