Bupati Karimun, Aunur Rafiq saat diwawancarai usai meresmikan program Inovasi Disdukcapil
Bupati Karimun, Aunur Rafiq saat diwawancarai usai meresmikan program Inovasi Disdukcapil (ian)

Karimun, Lendoot.com – Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Karimun meluncurkan Inovasi Pelayanan dibidang Kependudukan dan Pencatatan Sipil melalui program Sama Selamat dan Dapor Teraman di Aula Nilam Sari, Senin (21/8/2018).

Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Muhammad Tahar mengatakan, program Sama Selamat adalah setiap anak memperoleh akte kelahiran menjelang setelah lahir dan Dapor Teraman adalah dari laporan Kecamatan terbit akte kematian merupakan program percepatan dibidang cakupan akte kelahiran dan kematian.

“Jadi nanti melalui program ini, setiap anak memperoleh akte kelahiran menjelang setelah lahir dan bagi yang meninggal juga akan memperoleh akte kematian tanpa harus repot datang ke kantor Disdukcapil,” kata kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Karimun, Muhammad Tahar.

Tahar menjelaskan, bahwa program ini nantinya akan bekerjasama dengan pihak Rumah sakit, rumah bersalin, Puskesmas dan Bidan-bidan praktek. Dengan begitu orang tua maupun anggota keluarga yang ingin mengurus akte kelahiran dan akte kematian tidak perlu datang ke Discukcapil.

“Mereka cukup memberikan data mereka kepada petugas yang ada di Rumah sakit, rumah bersalin, Puskesmas dan bidan-bidan yang menangangi kelahiran anak tersebut,” ucap Tahar.

Sementara itu, Bupati Karimun, Aunur Rafiq sangat menyambut baik dengan Launcing inovasi pelayanan ini, Ia berharap kegiatan ini tidak hanya sebatas launcing saja. Kejasama yang baik dengan seluruh intansi sangat diperlukan agar validasi data yang akurat dapat dilakukan.

“Program seperti ini tentunya sangat baik, Saya berharap program ini dapat dijalankan dengan baik, melalui kerjasama dengan seluruh intansi tentunya validasi data dapat dilakukan dengan baik,” ucap Rafiq. (ian)