Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (KSPSI) Kabupaten Karimun menggelar dialog di ruang rapat Hotel Alisan
Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (KSPSI) Kabupaten Karimun menggelar dialog di ruang rapat Hotel Alisan (Riandi)

Karimun, Lendoot.com – Peringati Hari Buruh se-dunia (May Day). Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (KSPSI) Kabupaten Karimun menggelar dialog di ruang rapat Hotel Alisan, Kelurahan Kapling, Kecamatan Tebing, Selasa (1/5/2018).

May Day 2018, mengangkat tema yakni, jadikan langkah awal meningkatkan pendidikan pekerja atau buruh Indonesia, meningkatkan kesetaraan sosial dan ekonomi pekerja/buruh Indonesia, merubah situasi dan kondisi dari biasa menjadi luar biasa dengan moto mampu dan bisa asalkan kerja keras, jujur, cerdas, adil dan Kebersamaan.

Dalam sambutannya, Bupati Karimun Aunur Rafiq menyampaikan, atas nama pemerintah, dirinya memberikan apresiasi atas terselenggaranya kegiatan dialog yang digekar, sehingga dapat menjadikan kegiatan yang positif.

“Untuk itu saya berharap dengan terselenggaranya kegiatan ini dapat bermanfaat sehingga terjalinnya komunikasi dan silahturahmi antar tenaga kerja dengan Pemerintah Daerah demi meningkatkan kesejahteraan tenaga kerja di Karimun,” ujarnya.

Kadisnaker Kabupaten Karimun, Hazmi Yuliansyah menjelaskan, demi meningkatkan kesejahteraan tenaga kerja, Pemerintah Daerah telah memiliki program kerja keselamatan dan kesehatan kerja (K3).

“Kita telah menjalin hubungan baik dengan pihak perusahaan sehingga dapat mendeteksi dini permasalahan yang nantinya muncul dari tenaga kerja dilapangan. Oleh karena itu, kita berharap para tenaga kerja untuk tidak sungkan melaporkan kepada Disnaker atau instansi terkait, jika terdapat permasalahan dengan perusahaan,” kata Hazmi.

Sementara itu, Ketua Serikat Seluruh Pekerja Indonesia (SPSI) Kabupaten Karimun, Hanis Janis menjelaskan, untuk May Day tahun 2018 ini hanya menggelar dialog di ruangan dan tidak turun kejalan untuk melakukan aksi demo.

“Untuk itu kepada para tenaga kerja melalui dialog ini dapat menjadikan para tenaga kerja untuk selalu bekerja dengan semangat sehingga dapat menarik investor datang ke Karimun,” katanya.

Selain dihadiri Bupati Karimun Aunur Rafiq juga dihadiri Kasatpol PP Karimun Kompol T. A Rahman, Ketua Kadin Karimun Sabari Basirun, Kepala BPJS Kesehatan Abdullah, Kepala BPJS Tenagakerja Rudianto Panjaitan, Kadisnaker Karimun Hazmi Yuliansyah.

Ketua KSPSI Karimun Hanis Jasnis, Kabag Sumda Polres Karimun Kompol Ely Nazaruddin, Pasiinteldim 0317/TBK Kapten Cpl E.S. Nasution, Pengawasan Tenagakerja Provinsi Kepri Raden Ria Eswaty dan para tenagakerja. (Riandi)