Suasana penghuni Rutan Kelas II Tanjung Balai Karimun saat UN tahun lalu. (ist)
Suasana penghuni Rutan Kelas II Tanjung Balai Karimun saat UN tahun lalu. (ist)

Lendoot.com – Tahun ini Pusat Kegiatan Belajar Mengajar (PKBM) Melati di bawah Dinas Pendidikan Kabupaten Karimun akan melaksanakan Ujian Nasional (UN) dan Ujian Akhir Sekolah Berstandart Nasional (UASBN) bagi penghuni Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas II Tanjungbalai Karimun.

Ujian tersebut akan dilaksanakan di salah satu ruangan Rutan Tanjungbalai Karimun. Sementara untuk jadwal pelaksanaannya akan dilaksanakan secara serentak berbeda dengan pelaksanaan ujian yang dilakukan di sekolah.

Yakni untuk paket C gelombang pertama, Sabtu – Minggu (15-16 April) dan Sabtu – Minggu (22-23 April). Paket B gelombang pertama, Sabtu – Minggu (13-14 Mei) dan Sabtu (20 Mei 2017). Sedangkan untuk paket A Senin – Selasa – Rabu (15-16-17 Mei 2017).

“Jadwal ujiannya tidak sama seperti di sekolah, contoh UN di sekolah digelar Senin hingga Kamis, sedangkan untuk di Rutan jadwalnya di hari Jumat, Sabtu dan Minggu, setelah pelaksanaan ujian di sekolah selesai,” kata Kepala Bidang Paudni Disdik Karimun, Riza Kurniati, Selasa (4/4/2017).

Riza Kurniati mengatakan, untuk tahun ini jumlah peserta Rutan yang mengikuti UN dan UASBN sebanyak 19 orang. Jumlah ini lebih banyak bila dibandingkan dengan tahun 2016 lalu yang hanya diikuti 8 orang.

“Tahun ini ada 19 orang mengikuti Ujian Nasional dan USBN di Rutan Tanjungbalai, diantaranya 6 orang dari SMA, 8 orang SMP dan untuk SD hanya USBN, ada 5 orang,” katanya.

Riza Kurniati menyebut, meningkatnya jumlah penghuni Rutan yang mengikuti UN dan UASBN dikarenakan pada tahun ini, PKBM Melati tidak hanya menggelar UN untuk paket C (setara SMA) tapi juga membuka untuk ujian paket A (setara SD) dan paket B (setara SMP).

“Tahun lalu pelaksanaannya dengan diawasi dari pihak PKBM dan Rutan. Jumlah tahun ini lebih banyak karena kita laksanakan juga untuk tingkat SD dan SMP beda dari tahun sebelumnya yang hanya SMA,” ucapnya.

Ia menambahkan, untuk total keseluruhan peserta ujian paket C dari Pusat Kegiatan Belajar Mengajar (PKBM) Melati sebanyak 185 orang, paket B 229 orang dan paket A 62 orang. (ian)