Karimun, Lendoot.com – Masyarakat Kabupaten Karimun diharapkan mengikuti kebijakan sesuai Surat Edaran Dirjen Perhubungan Laut Nomor SE 21 tahun 2020 tentang petunjuk operasional transportasi laut.

Kebijakan tersebut sejalan dengan Surat Edaran Ketua Pelaksana Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 mengenai kriteria pembatasan perjalanan orang.

Dalam surat edaran tersebut terdapat sembilan ketentuan yang harus dipenuhi para calon penumpang yang akan melakukan perjalanan keluar atau masuk wilayah administratif agar dapat melengkapi diri.

Adapun ketentuan tersebut calon penumpang harus membawa Identitas diri seperti KTP atau tanda pengenal lain yang sah.

Kemudian Surat Keterangan Negatif Covid-19 berdasarkan Polymerase Chain Reaction (PCR) test/Rapid Test atau surat keterangan sehat dari Dinas Kesehatan/rumah sakit/puskesmas/klinik kesehatan (yang masih berlaku).

Surat Tugas (bagi pegawai ASN, TNI, Polri) yang ditandatangani pejabat setingkat Eselon II, Surat Tugas (bagi pegawai BUMN/BUMD atau perusahaan swasta) yang ditandatangani Direksi/Kepala Kantor.

Surat pernyataan yang ditandatangani di atas materai dan diketahui oleh lurah/kepala desa setempat (bagi penumpang yang tidak mewakili lembaga pemerintah atau swasta).

Surat Keterangan dari Badan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia atau Perwakilan RI di luar negeri (bagi penumpang luar negeri), Surat rujukan dari rumah sakit (bagi pasien yang akan melakukan pengobatan di tempat lain).

Selanjutnya, Surat Keterangan Kematian dari tempat almarhum/almarhumah (bagi penumpang dengan kepentingan mengunjungi keluarga yang meninggal dunia), Surat Keterangan dari Universitas atau Sekolah (bagi mahasiswa atau pelajar). (rnd)