Kepala KSOP Tanjungbalai Karimun, Letkol Eko Priyo Handono menyematkan pita kepada peserta apel
Kepala KSOP Tanjungbalai Karimun, Letkol Eko Priyo Handono menyematkan pita kepada peserta apel (ian)

Karimun, Lendoot.com – Kantor Syahbandar dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Tanjungbalai Karimun, KSOP Tanjungbalai Karimun menggelar apel gabungan di area pelabuhan Karimun, Kamis (8/6/2017).

Apel ini dalam rangka menghadapi arus mudik lebaran 2017 bersama intansi terkait seperti, KKP (Kantor Kesehatan Pelabuhan) Karimun, PT KKM (Karya Karimun Mandiri), Imigrasi dan beberapa instansi lainnya.

Apel dipimpin langsung KSOP Tanjungbalai Karimun Letkol Eko Priyo Handon. Dalam sambutannya, Eko mengatakan pengamanan nanti akan melibatkan banyak pihak, seperti, kepolisian dari KP3, Bea Cukai, Kesehatan pelabuhan, BUP, dan pihak Karantina, sehingga dapat berkordinasi dengan baik saat di lapangan.

“Apel gabungan ini tentunya untuk memantapkan kordinasi kesiapan menghadapi arus mudik lebaran dengan seluruh intansi terkait lainnya,” kata Eko, Kamis (8/6/2017).

Eko memperkirakan untuk Tahun ini lonjakan penumpang sekitar 5 sampai 7 persen. Namun lonjakan ini tidak terlalu kelihatan karena adanya libur anak sekolah yang sudah dimulai lebih dulu. Sementara untuk mengantisipasi lonjakan penumpang, Eko menyebut dari masing-masing agen kapal telah menyediakan satu kapal apabila terjadi lonjakan penumpang.

“Masing-masing agen sudah menyediakan satu kapal tambahan apabila terjadi lonjakan penumpang,” ucapnya.

Ia menambahkan, pihaknya tidak akan memberikan dispensasi muatan penumpang kepada seluruh agen kapal yang ingin berlayar. Muatan kapal harus diisi sesuai dengan isi kursi yang ada didalam kapal.

“Kita tidak memberikan dispensasi, sesuai dengan tempat duduk yang ada di kapal. Kita harus tegas karena ini masalahnya dengan keselamatan pelayaran, apabila ada yang melanggar ketentuan, kapal tidak akan diberangkatkan,” ujarnya. (ian)