Karimun, Lendoot.com – Kelompok Tani KWT Sehati, Kampung Alor Jongkong Kelurahan Harjosari Kecamatan Tebing Kabupaten Karimun melakukan panen perdana sayur mayur.

Namun panen sayur-sayuran yang mereka hasilkan bukan dari lahan pertanian, melainkan hanya dengan memanfaatkan perkarangan di sekitar rumah.

Dari hasil tanaman sayuran yang sudah panen biasa mereka gunakan untuk dikonsumsi pribadi, ada juga sebagian yang dijual untuk membantu perekonomian para anggota dari kelompok tani KWT sehati.

Terlihat kurang lebih 60 tanaman sayuran yang ditanaman disekitar perkarangan. Tanaman tersebut sekali panen bisa mencapai 2-3 kilo karena pupuk yang digunakan pupuk alami yakni pupuk kandang dan pupuk urea.

“Usaha tanaman sayuran ini sudah setahun berjalan dan alhamdulillah bisa digunakan sendiri dan dijual dan kita juga gunakan pupuk kandang dan urea,” kata Lidya Ketua Kelompok Tani KWT Sehati, Kamis (1/11/2018).

Lidya meminta Pemerintah Daerah dapat mendukung kegiatan yang dilakukan oleh kelompok tani tersebut, dengan harapan tidak hanya sekedar masukan saja namun nampak kerja nyata yang diberikan pemerintah kepada mereka.

Sementara itu, Lurah Harjosari Fatwa Lukmana menanggapi hal tersebut, pihaknya akan berupaya membantu masyarakat dalam mewujudkan harapan-harapan mereka, namun tentunya secara bertahap.

“Kalau dari kita dapat terealisasi dana Kelurahan mudah-mudahan bisa kita anggarakan untuk kelompok usaha tani ini. Mungkin dari bibit dahulu yang bisa kita bantu nantinya,” kata Fatwa.

Fatwa mengatakan, untuk kelompok tani KWT Sehati ini sudah terdaftar di notaris dan sedang dalam pengajuan untuk membentuk koperasi.

“Maka dari koperasi nanti akan memudahkan untuk pemberian bantuan,” katanya. (Parulian Turnip)