Karimun, Lendoot.com – Memaknai kelahiran Tentara Nasional Indonesia (TNI) Angkatan Laut (AL) ke-73 tahun, Lanal Tanjungbalai Karimun menggelar upacara di Lapangan Makolanal TBK, Senin (10/9/2018) pukul 08.00 WIB.

Upacara tersebut dipimpin langsung oleh Danlanal TBK Letkol Laut (P) Catur Yogiantoro, S.E., M.Tr Hanla, dan sebagai Danup Danunit Intel Lanal Letda laut (KH) Hartono.

Tema yang diambil pada upacara tersebut adalah ”Bersama Rakyat TNI Angkatan Laut siap membangun Bangsa guna mewujudkan kesejahteraan melalui laut”.

Danlanal TBK, Letkol Laut (P) Catur Yogiantoro saat membacakan amanat Kasal Laksamana TNI Siwi Sukma menyampaikan, tema yang diusung tersebut merupakan bentuk kepedulian TNI AL terhadap potensi ekonomi yang sangat besar.

Sumber daya laut yang melimpah, namun belum dapat dimanfaatkan secara maksimal sebagai sumber kemajuan, kemakmuran dan kesejahteraan Rakyat Indonesia.

“Makna dari tema tersebut, TNI AL bersama segenap komponen bangsa akan berusaha sekuat tenaga, mengembalikan jati diri bangsa sebagai bangsa maritim yang berjaya dilaut,” ujarnya.

Selain itu, dalam amanatnya juga menekankan sebanyak 5 poin yang harus dilaksanakan prajurit Lanal Tanjungbalai Karimun dalam bertugas.

Adapun 5 poin tersebut, yaitu memelihara keimanan dan ketaqwaan kepada tuhan, meningkatkan kualitas diri sebagai Prajurit TNI AL yang Profesional (Pedomi Sapta Marga, Sumpah Prajurit, Delapan wajib TNI dan Trisila TNI AL).

Melaksanakan tugas dengan tanggung jawab, memelihara Alutsista agar dapat mendukung tugas secara optimal, serta meningkatkan kewaspadaan lingkungan strategia yang selalu dinamis.

“Laksanakan tugas dengan penuh tanggung jawab juga disertai kerelaan berkorban dan Integritas yang tinggi dalam setiap pengabdian Kita kepada Rakyat, Bangsa dan Negara,” tegasnya. (Riandi)