Karimun, Lendoot.com – Petugas Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Karimun, Kamis (4/5/2017) pagi, menggelar inspeksi mendadak (sidak) dengan melakukan pemeriksaan terhadap toko sembako di sekitaran pasar Puan Maimun.

Kepala Bidang Perdagangan Koperasi UKM dan ESDM Kabupaten Karimun, Muhammad Fadhlah mengatakan sidak ini dilakukan setelah adanya laporan dari masyarakat atas keberadaan bahan makanan yang tidak layak konsumsi beredar di pasaran.

“Sidak ini kita lakukan karena adanya laporan dari masyaralat yang mengetahui ada bahan makanan yang dijual kadaluarsa di toko ini,” kata Muhammad Fadhlah kemarin.

Ia menyebut guna menindaklanjuti atas temuan tersebut pihaknya akan menyurati pemilik usaha agar segera memeriksa kembali bahan konsumsi supaya tidak diperjualbelikan kepada masyarakat.

Fadhlah menambahkan, para pedagang yang masih menjual bahan makanan tidak layak konsumsi akan dikenakan sanksi tegas sesuai Undang-undang nomor 8 tahun 1999 tentang perlindungan konsumen.

Sementara itu, saat dilakukan sidak di toko Asui yang diduga menjual bumbu dapur sejak dua bulan lalu, pihak Disperkop UKM dan ESDM tidak menemukan bahan makanan yang telah kedaluwarsa.

“Dari pengakuan pemilik toko, barang yang kedaluwarsa sudah mereka amankan lebih dulu,” ucap Fadhlah. (ian)