Ilustrasi makanan. (ist/net)
Ilustrasi makanan. (ist/net)

Ada yang menyebut, makan malam menambahkan berat badan, bisa saja benar adanya. Hanya saja, bahayanya juga bisa lebih banyak dari manfaatnya, seperti; tidur menjadi kurang nyenyak, dan tentunya juga dapat merusak jaringan tenggorokan dan kerongkongan Anda.

Ini dikarenakan oleh refluks asam lambung ke dalam kerongkongan. Akibatnya, seringkali orang makan sebelum tidur akan menderita nyeri tenggorokan, batuk kronik, dan sulit menelan.

Parahnya lagi, banyak orang yang menderita refluks asam lambung tetapi tidak mengetahuinya (silent reflux) karena tidak mengalami gejala apapun.

Untuk mencegah terjadinya refluks asam lambung, dianjurkan agar Anda makan malam setidaknya 3 jam sebelum tidur. Selain itu, Anda juga perlu menghindari cemilan beberapa jenis makanan yang juga memiliki efek yang sama.

Di bawah ini Anda dapat melihat beberapa jenis makanan yang sebaiknya tidak Anda konsumsi berdekatan dengan waktu tidur.

Minuman Beralkohol

Minuman beralkohol akan membuat katup di antara lambung dan kerongkongan menjadi rileks. Dan saat ini terjadi, makanan yang berada di dalam lambung pun akan naik ke atas, ke dalam kerongkongan, beserta dengan asam lambung.

Minuman Bersoda

Tahukah Anda bahwa minuman bersoda ternyata lebih asam daripada tingkat keasaman di dalam lambung? Rasa asam dari minuman bersoda ini juga akan merusak katup di antara lambung dan kerongkongan, yang akan memicu terjadinya refluks asam lambung. Selain itu, soda di dalam minuman bersoda juga akan meningkatkan tekanan di dalam lambung.

Cokelat

Beberapa jenis cokelat mengandung banyak lemak, yang juga akan membuat katup di antara lambung dan kerongkongan menjadi rileks. Selain itu, cokelat juga mengandung kafein dan teobromin, yang menjadikan cokelat memiliki kekuatan 3 kali lipat.

Keju

Keju juga merupakan makanan sumber lemak. Keju keras seperti Parmesan dan Swiss lebih jarang menyebabkan terjadinya refluks asam lambung dibandingkan dengan berbagai jenis keju lunak seperti feta dan mozzarella.

 Kacang

Walaupun kacang mengandung lemak sehat, akan tetapi lemak tetaplah lemak. Oleh karena itu, sebaiknya Anda tidak mengkonsumsi berbagai jenis kacang mendekati waktu tidur, terutama kacang mede, kacang walnut, kacang macademia, dan kacang tanah.

Buah Golongan Citrus

Buah golongan citrus seperti jeruk, jeruk bali, atau apel hijau sangatlah asam, yang berarti dapat memicu terjadinya refluks asam lambung atau bahkan sakit maag.

Kopi

Tidak hanya bersifat asam, kandungan kafein di dalam kopi juga dapat memicu peningkatkan kadar asam lambung, yang tentu saja dapat berujung pada terjadinya refluks asam lambung. (*)