LPG 3 Kilogram. (foto internet)
LPG 3 Kilogram. (foto internet)

Karimun, Lendoot.com – Para agen minyak tanah ke depan akan menjadi agen-agen LPG 3 kilo. Ini dilakukan untuk membantu masyarakat yang ingin melakukan isi ulang. Langkah ini juga untuk menjawab kekhawatiran sebagian warga yang bertanya-tanya lokasi pengisian LPG 3 kilo.

“Masyarakat tidak perlu khawatir, karena agen-agen minyak tanah akan menjadi agen LPG bersubsidi,” kata Kepala Dinas Perdagangan, Koperasi, UKM dan ESDM Kabupaten Karimun, Muhammad Yosli mengatakan, Selasa (8/1/2019).

Artinya masyarakat yang kehabisan gas tinggal membawa tabung gasnya yang telah kosong kepada agen minyak tanah langganannya masing-masing.

“Pengisian tidak perlu ragu. Nanti akan ada pangkalan utama dan pengecer,” kata Yosli.

Selain itu kata Yosli, pihak Pertamina telah menimbau kepada para agen minyak tanah untuk membeli tabung-tabung gas tiga kilogram. Hal ini bertujuan agar para agen memiliki persediaan.

“Jadi mereka harus punya persediaan tabung berisi. Nanti agen akan melaporkan ke Pemerintah Daerah dan Pertamina. Laporannya akan lebih lengkap dibandingkan minyak tanah karena online,” ucap Yosli.

Sementara untuk Harga Eceran Tertinggi (HET) isi ulang LPG 3 kilo bersubsidi di Karimun dibagi untuk empat wilayah, yakni untuk Pulau Karimun sebesar Rp 27.750 per tabung.

Untuk di Pulau Kundur sebesar Rp 28.500 per tabung, Pulau Moro sebesar Rp 26.500 per tabung, dan Pulau Durai sebesar Rp 28.500 per tabung. (parulian turnip)