Para peserta lomba Sampan layar bersiap-siap untuk memulai lomba
Para peserta lomba Sampan layar bersiap-siap untuk memulai lomba (ian)

Karimun, Lendoot.com – Meriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) RI ke-72 Tahun, karang taruna Desa Pongkar, Kecamatan Tebing menggelar perlombaan Sampan Layar di Pantai Pongkar, Minggu (27/8/2017) pagi.

Bupati Karimun, Aunur Rafiq yang membuka secara resmi , dalam sambutannya Ia mengatakan, sangat mengapresiasi kegiatan perlombaan tradisonal Sampan layar yang diselenggarakan karang taruna Desa Pongkar.

“Kita harapkan perlombaan seperti ini dapat menjadi kegiatan tahunan. Untuk itu mungkin kepala Desa dapat berkordinasi dengan Dinas Pariwisata agar perlombaan Sampan layar ini dapat menjadi kalender tahunan,” kata Rafiq saat membuka secara resmi perlombaan Sampan layar di Pantai Pongkar, Desa Pongkar, Kecamatan Tebing, Minggu (27/8/2017).

Sementara itu, kepala desa Pongkar, Zahir mengatakan bahwa, kegiatan seperti ini sudah dilakukan setiap tahun. Dimana untuk tahun ada 12 peserta yang mengikuti perlombaan dari seluruh Kabupaten Karimun.

“Kegiatan ini sudah dilakukan Karang Taruna Desa Pongkar setiap tahunnya, untuk tahun ini ada 12 peserta yang mengikuti perlombaan,” kata Zahir.

Perlombaan ini dibagi menjadi dua kategori yakni, 3 sap dan 5 sap artinya setiap satu Sampan layar pesertanya ada tiga orang untuk sap 3, sedangkan untuk sap 5 diisi lima orang untuk satu Sampan.

Masih di tempat yang sama, anggota DPRD Provinsi Kepri, Rocky Bawole berharap, pemerintah daerah lebih memperhatikan kegiatan-kegiatan tradiosnal dari masyarakat sekitar, agar dapat menunjang wisatawan datang ke Karimun, baik dari segi objek wisata maupun pesta rakyatnya.

“Saya sangat menyambut baik kegiatan-kegiatan seperti ini. Kita berharap pemerintah daerah dapat memperhatikan perlombaan pesta rakyat seperti ini,” ucap Rocky. (ian)